"Akulah suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Luruskanlah jalan Tuhan! seperti yang telah dikatakan nabi Yesaya." (Yoh. 1:6-8.19-28)


Tema : Yohanes pembaptis  (Minggu Advent ketiga)

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Yoh. 1:6-8.19-28)

Minggu kemarin, kita berbicara tentang Yohanes Pembaptis juga ya, hayoo..siapa yang masih ingat, Yohanes pembaptis meminta orang - orang melakukan apa yaa sebelum dibaptis? (sambil mendengarkan jawaban anak - anak)
Iya, orang - orang sebelum dibaptis mereka diharuskan mengakui semua dosanya terlebih dahulu dan bertobat.

Nah, dimasa advent ini, kita harus ikut bertobat, adik - adik tidak boleh berbuat jahat, tetapi kita diharuskan banyak melakukan perbuatan baik, cobaa.. contoh perbuatan baik yang harus kita lakukan apaaa yaa?
(Iya, seperti memberi makan orang yang kelaparan dijalan, memberi sedekah untuk orang miskin, mendoakan teman yang sedang sakit, dll)

Nah, hari ini kita coba mengenal lebih jauh dengan satu tokoh penting, siapaa hayoo?
Iya, dialah Yohanes Pembaptis, kira - kira siapa sih dia?
Iyaaa, dia yang membaptis Yesus dimana yaa..(iya disungai Yordan), Yohanes juga yang menyerukan tentang pertobatan kepada orang - orang dari seluruh daerah Yudea dan semua penduduk Yerusalem, sehingga mereka mau bertobat, dibaptis dan kemudian percaya kepada Allah.

(Sambil menunjukkan gambar tentang Yohanes Pembaptis

Coba, adik - adik lihat, Yohanes memakai baju dari apa? Ada yang bisa jawab ?

Iya, Yohanes memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit, dan makanannya belalang dan madu hutan.

Adik - adik ada yang pernah coba makan belalang? ^_^

Iya, kakak juga belum pernah makan belalang, hehehhe...

Kalau madu, pasti kalian semua sudah pernah merasakan ya, apa rasanya, iyaa..manisss 

Iya, inti dari injil hari ini yaitu bahwa Yohanes pembaptis adalah orang yang pertama menyerukan pertobatan dan Yohanes memberi tanda bahwa anak Allah benar - benar akan datang kedunia dan siapakah itu? Iya, Dialah Yesus.

Mari kita juga mempersiapkan kedatangan Yesus, dengan hati yang sudah bersih, kita harus bertobat, adik - adik tidak boleh berbuat jahat atau berbuat sesuatu yang tidak menyenangkan Allah Bapa yaa..

Dimasa advent ini, kita harus banyak melakukan perbuatan yang baik. 

Nah, sekarang adik - adik bisa membuat bahan kreatifitasnya ya.


Bahan yang diperlukan : benang seperti digambar bawah lalu dipotong kecil - kecil





Warnailah gambar Yohanes pembaptis diatas, lalu dibagian jubah Yohanes tempelkanlah benang yang sudah dipotong kecil - kecil tadi



Nah, hasil akhirnya akan seperti ini, woww..lihat jubah unta milik Yohanes pembaptis, Yohanes memakai jubah bulu unta, dan lihat dikedua tangannya dia memegang madu hutan dan belalang sebagai makanannya, dan tentu saja dia pun memakai ikat pinggang kulit ^_^


** pict from inet


Comments