Tahun B, Hari Minggu Biasa XIX - Roti Hidup ~ Yohanes 6 : 41 - 51

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Yohanes 6 : 41 - 51)

Adik - adik , pernahkah kalian melihat anak - anak atau orang dewasa yang mengemis di pinggir jalan? (tunggu jawaban adik - adik)
Kakak seringkali menemukan pengemis dipinggir jalan dan disekitar perhentian lampu - lampu merah. Ada yang mengamen, ada yang membawa bayi, ada yang menari topeng bahkan ada juga yang memanfaatkan atraksi monyet demi mendapatkan uang.

Selain yang cacat fisik, umumnya mereka berbadan sehat, bahkan beberapa berpakaian bersih dan rapi, usia mulai dari anak - anak hingga orang tua. Apakah kalian tahu mengapa mereka melakukan pekerjaan seperti itu, adik - adik? (tunggu jawaban adik - adik)

Ya..sebagian dari mereka yang dewasa tidak memiliki pekerjaan, sehingga tidak punya penghasilan untuk membiayai hidup keluarganya. Anak - anak mereka pun sebagian ikut turun ke jalan membantu mencari nafkah.

Kakak, sering berpikir, mengapa mereka tidak berusaha mencari pekerjaan? Mengapa mereka hanya meminta belas kasihan orang ya? Kakak kadang juga berpikir, apakah kalau kakak memberi uang kepada mereka, mereka benar - benar akan menggunakannya untuk membeli makanan ya? Jangan - jangan mereka menggunakannya untuk membeli rokok atau minuman keras. Kalian pasti sering melihat juga ya anak - anak seusia kalian sudah merokok, tapiii..jangan pernah ditiru yaa..itu adalah perbuatan yang sangat - sangat tidak baik ya, anak - anak Tuhan tidak berbuat seperti itu ya, adik - adik.

Adik - adik, menurut kalian apa yang Yesus kehendaki agar kita perbuat terhadap para pengemis itu ya? Mungkin Yesus mau agar kita pergi ke toko roti, membelikan mereka roti ya? Yesus selalu peduli dengan kita ya, anak - anak-Nya.
Itulah sebabnya Yesus menggunakan banyak waktu-Nya untuk menyembuhkan orang - orang sakit, memberi makan 5000 orang yang kelaparan dan memelekkan mata orang buta. Tidakkah kalian berpikir bahwa Yesus menghendaki kita melakukan perbuatan yang sama dengan - Nya?

Yesus mengatakan: "Akulah Roti Hidup yang turun dari sorga. Siapa yang makan roti ini akan hidup selama - lamanya." (ayat 51)

Roti hidup disini bukan seperti roti yang selalu kalian makan ya, tapi roti hidup yang dimaksud oleh Yesus adalah "firman Tuhan", iyaa..setiap hari tubuh kita pasti butuh makan ya agar kita bisa tetap hidup, tetapi ada juga 'makanan untuk jiwa kita atau makanan rohani' (wah..apalagi itu kak makanan rohani) apa cobaaa..adik - adik? (tunggu jawaban adik - adik)
Iyaa..betulll...yaitu firman Tuhan, dengan membaca firman Tuhan didalam Kitab Suci setiap harinya itu sama artinya kita juga memberi makanan bagi jiwa kita ya, adik - adik. Sama seperti roti yang kalian makan sehari - hari, firman Tuhan itu juga akan mengenyangkan jiwa kita, agar kita bisa merasakan kedamaian dan sukacita senantiasa didalam Tuhan. Dan agar kita semakin dekat dengan Tuhan, hayoo..siapa yang mau dekat dengan setan daripada dengan Tuhan? (tunggu jawaban adik - adik) Iyaa,, kita semua tidak ada yang mau dekat dengan setan, tetapi kita semua pasti selalu ingin dekat dengan Tuhan, agar kelak kita semua bisa mendapatkan hidup kekal disurga bersama Tuhan ya, adik - adik. Tapi..coba lihat kalau dekat dengan setan, maka kalian akan masuk ke api neraka yang mengerikan yaa, hiii..jangan dekat - dekat dengan setan ya, adik - adik ^__^
Mari kita nyanyikan lagu "Baca Kitab Suci" :


Baca Kitab Suci

Baca Kitab Suci  
Doa tiap hari .... doa tiap hari...doa tiap hari...2x
Baca Kitab Suci, doa tiap hari kalau mau tumbuh
Kalau mau tumbuh...3x
Baca Kitab Suci, doa tiap hari kalau mau tumbuh

Yuks, adik - adik, kita ajak teman - teman untuk membaca Kitab Suci setiap hari ya, dan agar jiwa kita 'kenyang' dengan firman Tuhan ya, sehingga kita bisa selalu merasakan sukacita yang besar.

Perutusan misioner :

Saya akan mulai membaca Kitab Suci setiap harinya bersama - sama dengan mama dan papa.


Bahan kreatifitas :

Membuat Kartu "Roti Hidup" 
Print gambar kartu tsb dikertas A4, gunting sesuai pola lalu warnai yaa..
 Print gambar Yesus dikertas A4, gunting sesuai pola, beri warna lalu tempel di atas ayat emasnya dibagian kartu berbentuk roti diatas (lihat contoh jadinya)

Selamat membuat 'Kartu Roti Hidup' yaa...
Tuhan Yesus memberkati ^_^

Source :
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun B oleh Kak Tan Mariam
https://www.google.co.id/search?hl=en&site=imghp&tbm=isch&source=hp&biw=1366&bih=643&q=%2B%2Bcoloring+pages+the+bread&oq=%2B%2Bcoloring+pages+the+bread&gs_l=img.3...5446.12052.0.12296.34.3.0.31.0.0.96.96.1.1.0....0...1ac.1.64.img..34.0.0.DLZblPKOmJk#hl=en&tbm=isch&q=%2B%2Bcoloring+pages+jesus+is+a+bread+of+life&imgrc=1RRwMecHVWYWRM%3A

Comments