Tahun B, Hari Minggu Biasa XVIII - Tuhan menyediakan segala sesuatunya bagi anak - anak - Nya ~ Yohanes 6 : 24 - 35

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Yohanes 6 : 24 - 35)


Gambar bangsa Israel yang mendapat roti manna dari Tuhan
https://remaininchrist.files.wordpress.com/2014/03/20-colette-isabella-la-manne.jpg

Adik - adik, lihat kakak hari ini membawa banyaak makanan ya, lihat ada biskuit, coklat, permen (sambil menunjukkan ke anak - anak).
Hmm,, kalau kalian hari ini membawa banyak makanan juga tidak? Owhh..kakak lihat ada yang membawa permen satu bungkus, banyaak juga ya permennya. Maukah kalian berbagi permen itu dengan kakak? 

Betapa senangnya ya bila setiap minggu kakak bisa makan coklat dan biskuit ditempat ini, tinggal datang saja ke bina iman, lalu sudah tersedialah dimeja banyak makanan yang enak - enak hehhehe...

Iya, adik - adik...
Kitab Suci hari ini mengisahkan tentang umat Allah, bangsa Israel, yang telah menjadi tawanan di Mesir bertahun - tahun lamanya. Kemudian mereka bebas dan meninggalkan Mesir untuk menuju tanah yang dijanjikan Tuhan kepada mereka (bacakan bacaannya dari Keluaran 16 : 1 - 15).
Setelah beberapa bulan mereka menggembara dan hampir tersesat dipadang gurun (waahh..kasian sekali yaa mereka), orang - orang itu mulai menggerutu dan mengeluh melawan pemimpin mereka, ada yang tau tidak siapa pemimpin mereka, hayooo..(tunggu jawaban adik - adik).

Iya, namanya Musa, dan saudaranya Harun.
"Kita hidup lebih baik ketika di Mesir", keluh mereka. Setidak - tidaknya makanan tersedia berlimpah - limpah. Kamu membawa kami keluar, ke padang gurun untuk membuat kami mati kelaparan!"
Wahh..mereka banyak mengeluh yaa karena tidak adanya makanan yang berlimpah ya, adik - adik.

Tuhan mendengar keluhan bangsa itu, wah..kalian percaya tidak kalau Tuhan pun selalu mendengarkan setiap keluhan kita (tunggu jawaban adik - adik)
Iya..Tuhan itu selalu mendengar apa yang kita keluhkan, maka sudah sepantasnya kita tidak boleh selalu mengeluh ya, tetapi lebih baik kita selalu bersyukur akan segala berkat yang sudah kita dapat setiap harinya ya, adik - adik.

Tuhan berkata kepada Musa bahwa pada malam hari, Ia akan mengirim burung puyuh memenuhi semua tenda, sehingga mereka punya daging untuk dimakan. Tidak hanya itu saja, adik - adik. Pada pagi hari setelah embun lewat akan ada roti untuk mereka makan. Mereka harus keluar, memungutnya dan memakannya.

Mengapa Tuhan melakukan hal itu ya, padahal tadi mereka banyak yang mengeluh  dan menggerutu? Iya, Tuhan melakukannya supaya mereka tahu bahwa Tuhan begitu mencintai dan perduli terhadap mereka. Tuhan tidak membawa mereka keluar dari Mesir dan membiarkan mereka kelaparan dipadang gurun. Tuhan ingin agar mereka sampai ditanah yang dijanjikan-Nya kepada mereka.

Adik - adik, kadang kita juga mengeluh dan menggerutu ya. Hayoo..siapa yang sama sekali tidak pernah menggerutu dan mengeluh? Hayoo..jujur (tunggu jawaban adik - adik).
Iya, pasti kita semua disini pernah mengeluh dan menggerutu, contohnya 'ihh Tuhan, kenapa hidupku tidak seenak teman ku itu, dia jauh - jauh lebih kaya dibandingkan aku, dia bisa membeli banyak mainan bagus." hehehe..seperti itu ya, adik - adik.

Kita kadang lupa bahwa Tuhan mencintai kita dan menyediakan segala sesuatu yang kita butuhkan. Kita lebih mudah mengeluh dan menggerutu yaa..
Daripada mengeluh dan menggerutu, lebih baik kita mengucap, "Terima kasih".
Dan selalu mengucap syukur apapun yang diberikan Tuhan kepada kita ya, jangan lupa yaa, nanti setiap kalian berdoa kalian harus mengucapkan terima kasih dan mengucap syukur kepada Tuhan atas apa yang sudah Tuhan berikan kepada kita ya, adik - adik.

Perutusan misioner :
Saya ingin lebih perduli terhadap sesama saya yang ada disekitar saya contohnya saya mau berbagi makanan dengan teman disekolah dan mau meminjamkan pensil jika ada teman yang tidak punya dan saya akan selalu mengucapkan terima kasih kepada Tuhan yang selalu memberi berkat setiap harinya pada saya ^_^

Ada 2 kreatifitas yang bisa dibuat, lihat contoh dibawah ini, kreatifitas 1 diambil dari kitab perjanjian lama dan kreatifitas 2 diambil dari Injil Yohanes (terserah mau dibuat yang mana..)

Film animasi tentang Tuhan yang memberikan roti manna dari sorga kpd bangsa Israel 

Kreatifitas 1 (dari perjanjian lama)

Print gambar dibawah ini dikertas A4, lalu warnai yaa..

Print gambar dibawah ini dikertas A4, lalu gunting gambar Musa dan gambar beberapa roti manna tersebut, lalu warnai, setelah diberi warna tempel gambar Musa dan roti manna tsb dikertas diatas dengan menggunakan sedotan dibagian belakangnya supaya memunculkan efek 3D (lihat contoh gambar jadinya diatas)





 Kreatifitas 2 pop up card, diambil dari Injil Yohanes (tampak depan)


Kreatifitas 2 pop up card, diambil dari Injil Yohanes (tampak dalam)

Bentuk pop up card-nya


Print gambar roti dibawah ini dikertas A4, lalu lipat menjadi 2 bagian, kemudian gunting sesuai pola rotinya dan jangan lupa beri warnai yaa.. (lihat contoh diatas)


Print gambar Yesus dan ayat emas dibawah ini, dikertas A4, gunting sesuai polanya, beri warna lalu tempel dipola rotinya diatas, jangan lupa untuk memberi tempelan kertas dibagian belakang gambar Yesus, agar menjadi pop up card (lihat contoh jadinya)

Selamat berkreasi ^_^
Dominus vobiscum

Source :
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun C oleh Kak Tan Mariam
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhyQTSAA8_kbNp-OC8xtrsy6ywOve3XxYwSjK7mfpuS5dT0qUu3xuwvnso8Qa2djMS38PN1eeAxCcMG4VUJJtFl7lM4aE1eZ2tBtoXTq_HOgAalOQLPosmNA7Qh8J3DZvEEjkaJhpJVzObf/s1600/IMG_4747.JPG
http://www.biblekids.eu/anticotestamento/manna/manna_puzzle/manna_verse.JPG
https://www.pinterest.com/pin/52987733090714310/


Comments