Tahun B, Hari Raya Semua Orang Kudus ~ Mat 5 : 1 - 12a

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Matius 5 : 1 - 12a)

Adik - adik, apakah kalian tahu artinya kata Santo atau Santa? (tunggu jawaban adik - adik).
Ya betul, Santa atau Santo adalah orang - orang suci atau kudus. Mereka selama hidupnya selalu melakukan kehendak Tuhan, menjadi saksi kebenaran, berkata jujur dan selalu berbuat baik.
Gereja Katolik sangat menghargai orang - orang kudus hingga diadakan hari khusus, setiap tanggal 1 November, untuk memperingati mereka. Hari raya itu mula - mula dirayakan dilingkungan Gereja Timur untuk menghormati semua saksi iman yang mati bagi Kristus dalam usahanya menyebarkan iman Kristen. Dilingkungan Gereja Barat, khususnya di Roma, pesta itu dimulai pada tahhun 609.
Ketika itu Paus Bonifasius IV merombak Pantheon, yaitu tempat ibadah kafir untuk dewa-dewi Romawi, menjadi sebuah Gereja yang dipersembahkan kepada Santa Maria bersama para rasul. Awalnya, dikota Roma hari raya itu dirayakan pada hari Minggu setelah Pentakosta. Lama - kelamaan pesta itu menjadi popular untuk menghormati orang - orang kudus, baik mereka yang sudah maupun yang belum diakui secara resmi oleh Gereja.

Pesta itu dirayakan untuk menghormati semua anggota Gereja, yang oleh Gereja Perdana disebut "Persekutuan para Kudus". Persekutuan itu terdiri dari semua orang yang telah percaya kepada Yesus Kristus dan disucikan oleh Darah Anak Domba Allah. Secara khusus pada hari raya itu kita memperingati rombongan besar orang yang berdiri dihadapan tahta Allah, karena mereka telah memelihara imannya dengan baik sampai pada akhir hidupnya didunia ini, dan memperoleh ganjaran yang besar disurga.

Diantara mereka yang berbahagia itu adalah para Santo Santa, Beato Beata, yang menjadi perintis jalan dan penuntun bagi kita. Para orang kudus yang berbahagia disurga itu bersama Santa Perawan Maria, Bunda Gereja, mendoakan kita, agar tekun dalam perjuangan dan tabah dalam penderitaan. Para orang kudus itu berbahagia, karena mereka telah mengikut Kristus.

Adik - adik, apakah kalian ingin menjadi Santo dan Santa juga? Apakah kalian ingin mendapatkan kebahagiaan dan kemuliaan yang diberikan kepada orang - orang kudus?
Ya, semua pasti mau, tetapi apakah kita bisa mendapatkannya? (tunggu jawaban adik - adik)
Ya, tentu kita semua bisa mendapatkannya, asal kita memenuhi syarat untuk itu. Nah, syaratnya apa saja ya? Apakah kalian mengetahuinya? (tunggu jawaban adik - adik)
Ya, syaratnya adalah rajin berdoa, baca Kitab Suci, selalu jujur, tidak bohong, patuh kepada orang tua dan guru, menghormati orang yang lebih tua, tidak iri, tidak dendam, mengampuni, tidak menyontek, tidak mencuri, tidak memfitnah, tidak pukul teman, mau menolong orang yang kesusahan, memberi kepada yang tidak mampu, dll. Mungkin dengan menjalankan itu semua, kita akan banyak menghadapi banyak tantangan dari oranng - orang disekitar kita, tetapi bila kita bertahan sampai akhir, kita akan memperoleh kebahagiaan dan kemuliaan itu. Itulah upah dari apa yang kita kurbankan didunia.
(Inspirasi dari buku: Orang Kudus Sepanjang Tahun, karangan Mgr Nicolaas Martinus Schneiders, CICM)

Perutusan misioner :
Saya akan mencari riwayat hidup Santo/Santa pelindungku, untuk meneladani cara hidupnya.



Bahan kreatifitas membuat puzzle blocks Santo dan Santa 



Gunakan 2 pcs kertas bekas tissue gulung yang kecil, lalu satukan dengan menggunakan selotip kemudian tempatkan dibagian tengah puzzle blocksnya agar bisa digunakan sebagai poros dari puzzle blocks-nya(lihat gambar jadinya diatas)



Print gambar pola puzzle blocksnya (yang bagian atas) dikertas berukuran A4, gunting sesuai garis dan jangan lupa gunting dibagian lingkaran tsb untuk tempat porosnya, beri warna sebagus mungkin lalu beri lem dibagian semua ujungnya dan rekatkan



Print gambar pola puzzle blocksnya (yang bagian tengah) dikertas berukuran A4, gunting sesuai garis dan jangan lupa gunting dibagian lingkaran tsb untuk tempat porosnya), beri warna sebagus mungkin lalu beri lem dibagian semua ujungnya dan rekatkan



Print gambar pola puzzle blocksnya (yang bagian bawah) dikertas berukuran A4, gunting sesuai garis dan jangan lupa gunting dibagian lingkaran tsb untuk tempat porosnya, beri warna sebagus mungkin lalu beri lem dibagian semua ujungnya dan rekatkan



Selamat berkreatifitas, adik - adik ^__^

Tuhan Yesus memberkati


Source :
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun B oleh Kak Tan Mariam
https://www.pinterest.com/pin/565764771913177520/

Comments