Tahun C, Hari Minggu Advent II ~ Lukas 3 : 1 - 6 (Mempersiapkan kedatangan Yesus)

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Lukas 3 : 1 - 6)

Wow! Lihatlah! (Tunjukkan kalender). Natal tinggal empat belas hari lagi. Apakah kallian sudah siap merayakan Natal? Inilah sebuah pertanyaan yang sering kita dengar akhir - akhir ini. Apa sebenarnya yang dimaksudkan oleh banyak orang dengan pertanyaan itu?
Arti pertanyaan itu adalah :

  • Sudah siapkah semua hadiah Natal dibungkus?
  • Sudah dipasangkah pohon Natal dan hiasannya?
  • Sudah bersih dan siapkah rumah kalian untuk menerima para tamu?

Sudah siapkah kalian merayakan Natal? Apalagi yang kita perlukan untuk perayaan Natal? (Berikan anak - anak waktu untuk menjawab). Masih ada satu pertanyaan lagi yang lebih penting daripada, "Apakah kalian siap merayakan Natal?" Pertanyaan itu adalah, "Apakah kalian siap menyambut kedatangan Yesus?"

Dalam Kitab Suci hari ini, kita dengar Yohanes Pembaptis berseru - seru kepada orang banyak, "Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya. Setiap lembah akan ditimbun dan setiap gunung dan bukit akan menjadi rata, yang berliku-liku akan diluruskan, yang berlekuk-lekuk akan diratakan."(ayat 4 - 5)

Apakah Yohanes Pembaptis menginginkan agar orang banyak bekerja memperbaiki jalan?
Tidak!! Ia ingin agar orang-orang menyiapkan diri untuk menyambut kedatangan Sang Penyelamat. Ia ingin agar orang-orang bertobat dan kembali kepada Allah. Sebab sebaik apapun seseorang, pastilah ada hal-hal buruk yang terjadi dalam kehidupan mereka. Contohnya, seperti ketidakjujuran, sombong, iri hati dan masih banyak lagi.
Yohanes pembaptis ingin agar orang-orang bertobat, sehingga Yesus dapat datang dan tinggal ditengah-tengah mereka.

Pada saat yang istimewa ini, kita harus memastikan bahwa kita telah siap menyambut kedatangan Yesus. Kita harus melihat jauh kedalam hati kita dan memohon kepada Tuhan, agar Ia membuat kita bersih. Kita juga harus memohon, agar dapat berjalan berdampingan dengan Yesus setiap hari dalam hidup kita. Marilah kita mohon kepada-Nya sekarang.

Perutusan Misioner :
Contoh: Saya akan menyiapkan hadiah yang sederhana untuk anak-anak dipanti asuhan yang berkekurangan.

Bahan kreatifitas :

Membuat gambar 3 dimensi (3D) Yohanes pembaptis yang mempersiapkan jalan untuk Tuhan 




Print gambar dibawah ini dikertas tebal berukuran A4, cutter dibagian garis putus-putusnya, lalu lipat ke arah depan kemudian warnai gambar tersebut agar menarik (lihat contoh jadinya)


Selamat berkreatifitas, adik - adik ^__^
Tuhan Yesus memberkati 


Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun C oleh Kak Tan Mariam, dkk
http://www.bible-printables.com/Coloring-Pages/New-Testament/john-baptist/john-baptist-001.gif


Comments