Tahun C, Hari Minggu Palma~Lukas 22:14-23:56 (Luk 23:1-49)

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Lukas 22:14-23:56)

Adik-adik, tahukah kalian apa yang akan kita lakukan pagi ini? Kita akan mengadakan pawai. Iya, betul, sebuah pawai! Apa nama pawai kita? Kita namai saja pawai pujian. Kita akan mengadakan sebuah pawai pujian untuk Yesus! Mari kita nyanyikan bersama lagu "Yesus cinta semua anak." Wah, pasti akan menjadi sebuah pawai hebat (anak-anak diajak untuk berjalan berkeliling sambil menyanyikan lagu Yesus cinta semua anak). Ayo, kita mulai, ikuti kakak.

Wow!Menyenangkan bukan? Tidak ada yang lebih menyenangkan dari pada ikut pawai. Apakah kalian pernah mengunjungi sebuah pawai?Pasti pernah. Mungkin sebuah pawai sirkus, pawai Natal, pawai 17 Agustus, dll. Kakak yakin kalian pasti pernah mengunjungi pawai. Kadang-kadang sebuah pawai menjadi bagian dari sebuah perayaan besar. Pawai kita hari ini mengingatkan kita pada sesuatu yang terjadi di kota Yerusalem 2000 tahun yang lalu.

Yesus dan para pengikut-Nya sedang bepergian ke kota Yerusalem. Kota itu akan mengadakan sebuah perayaan besar, Pesta Paskah, yang akan berlangsung sepanjang minggu. Pernahkah kalian pergi ke sebuah pesta yang berlangsung selama seminggu?
Yesus dan para murid-Nya sedang berada di Bukit Zaitun. Mereka berhenti di sana dan Yesus memberikan petunjuk khusus. "Pergilah ke desa yang ada di sana," kata-Nya. "Pada waktu kamu masuk di situ, kamu akan mendapati seekor keledai muda tertambat yang belum pernah ditunggangi orang. Lepaskanlah keledai itu dan bawalah ke mari. Dan jika ada orang bertanya kepadamu: Mengapa kamu melepaskannya? Jawablah begini: Tuhan memerlukannya."

Mereka membawa keledai itu kepada Yesus, lalu mengalasinya dengan pakaian mereka, agar Yesus dapat duduk dengan nyaman ketika Ia mengendarainya masuk kota. Kabar tersebar dengan cepat bahwa Yesus akan datang. Ia menjadi terkenal, karena orang-orang telah mendengar bahwa Ia menyembuhkan orang sakit dan bahkan membangkitkan orang mati. Ketika Yesus memasuki kota, orang banyak telah berkumpul. Mereka mulai menghamparkan pakaiannya di jalan. Mereka memotong cabang pohon palma dan melambai-lambaikan dan berteriak, "Hosana!Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan."

Ketika Yesus berjalan melintasi jalanan Yerusalem suasananya seperti pawai, karena banyak orang yang melambai-lambaikan ranting zaitun di tangannya dan bersorak-sorai. Tetapi nyatanya walaupun mereka sudah bersorak-sorai seperti itu, mereka sebenarnya tidak tahu siapa itu Yesus. Mereka berpikir bahwa Yesus akan mendirikan kerajaan di bumi dan Ia akan melakukan hal-hal yang luar biasa untuk mereka. Mereka tidak mengerti bahwa kerajaaan-Nya ada di surga. Dan dalam beberapa hari saja, orang-orang yang sebelumnya meneriakkan kata "Hosana" lalu berganti "Salibkan Dia!", karena Yesus bukanlah raja yang mereka inginkan.

Kabar gembira hari ini, Yesus adalah Raja. Ia adalah Raja di atas segala raja. Hari ini, kita semua di sini untuk memuji Dia dan meneriakkan, "Hosana!" Tahukah kalian arti dari kata itu? Artinya, "Selamatkanlah sekarang!" Itulah sebabnya kita berteriak hosana, karena Yesus datang untuk menyelamatkan kita.

Bahan kreatifitas:
Membuat gambar 3D (3 dimensi) Yesus yang di sambut di Yerusalem

Gambar pakaian dan daun-daun Palma yang dihamparkan di jalan untuk menyambut Yesus

Print gambar lantai di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, gunting sesuai garis, lalu beri warna agar menarik, lihat contoh jadinya di atas

Print gambar Yesus dan keledai di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, gunting sesuai garis, beri warna agar menarik, kemudian lipat di bagian garis putus-putusnya, untuk gambar Yesus setelah dilipat di bagian garis putus-putusnya kemudian tempelkan di atas keledainya, lihat contoh jadinya


Print gambar pakaian dan daun palma di kertas berukuran A4, gunting sesuai garis, beri warna agar menarik kemudian tempelkan ke atas gambar lantai yang sudah di warnai sebelumnya, lihat contoh jadinya


Selamat menyambut Yesus yaa, adik-adik!
Tuhan Yesus memberkati!

Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun C oleh Kak Tan Mariam, DKK
http://www.gelovenisleuk.nl/images/kinderen/knutselen/pasen/hosanna_koning.pdf
http://www.gelovenisleuk.nl/index.php?option=com_content&view=article&id=188:hosannakoning&catid=36:pasen&Itemid=69
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgBQk2wZ0Ay4t-QCX51_uw0NbhuF8tk5jwXCMII9qoy587tEyBTJeFoUf4TYc0-T172sycWScMNwY53LQMNF87maUCfP0OH8902bSv3CsKTj3SvgAQFHDjjGcnkPpxCT0ohAI01zZUSmwvV/s1600/entrada_triunfal_a_jerusalen2_jpg.png

Comments