Tahun C, Hari Minggu Paskah III~Yoh 21:1-19~Yesus menyapa, Yesus meneguhkan!

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Yohanes 21:1-19)

Adik-adik, ada sebuah lagu yang sangat terkenal dari zaman ke zaman. Lagu itu berjudul BAHASA CINTA. Apakah kalian dapat mengatakan "aku cinta padamu" dengan menggunakan bahasa-bahasa lain? Hari ini kita akan belajar beberapa bahasa untuk mengatakan "aku cinta padamu".

Dalam bahasa Inggris, kita katakan, 'I love you!' Dapatkah kalian mengucapkannya?

Dalam bahasa Jerman, kita katakan, "Ich liebe dich!" Sangat mudah. Coba kita ucapkan bersama-sama.

Kalian tahu, sangat mudah untuk mengatakan 'aku cinta padamu!', tetapi sulit sekali menunjukkannya dalam perbuatan kita. Itulah yang dikatakan dalam bacaan Kitab Suci pada hari ini.
Setelah Yesus bangkit, Ia menampakkan diri kepada murid-murid-Nya beberapa kali. Pada penampakan-Nya yang ketiga, Ia bersama-sama dengan para murid-Nya sedang berada di pantai Danau Galilea. Kepada Petrus Ia berkata, "Petrus apakah engkau mengasihi Aku?"

Petrus menjawab, "Ya Tuhan, Engkau  tahu, aku mengasihi-Mu."

Kemudian Yesus berkata kepadanya, "Gembalakanlah domba-domba-Ku!"

Yesus bertanya lagi kepada Petrus, "Apakah engkau mengasihi Aku?"

Lagi, Petrus menjawab, "Ya Tuhan, aku mengasihi-Mu."

Yesus mengatakan kepadanya, "Gembalakanlah domba-doma-Ku."

Untuk ketiga kalinya Yesus bertanya kepada Petrus, "Apakah engkau mengasihi Aku?"

Sekarang Petrus menjadi sedih, karena Yesus menanyakan lagi hal itu, tetapi Petrus menjawab-Nya lagi, "Tuhan, Engkau mengetahui segala sesuatu, Engkau mengetahui bahwa aku mengasihi-Mu."

Yesus menjawab, "Gembalakanlah domba-domba-Ku."

Mengapa Yesus menanyakan hal yang sama kepada Petrus sampai tiga kali? Kakak kira Yesus ingin agar Petrus mengerti-dan Yesus juga ingin agar kakak dan kalian mengerti bahwa tidak cukup hanya mengatakan 'aku mencintai kamu'. Kita harus menunjukkan kasih kepada Yesus dengan menunjukkan kasih dan kepedulian kita satu sama lain.

Apakah kalian mengasih Yesus?

Peliharalah dan jagalah domba-domba-Nya! Itulah kasih yang dapat dimengerti dalam berbagai bahasa.


Bahan kreatifitas:

Membuat "Pop up card Petrus yang mengasihi Yesus"
(gambar kartu tampak depan)


(gambar kartu tampak dalam)


Lipatlah kertas menjadi 5 lipatan, membentuk kotak seperti gambar di bawah ini, kemudian tempelkan di bagian tengah kartu agar membentuk "Pop Up card"


Print gambar kepala domba di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, gunting pola kepala domba tersebut, tetapi jangan digunting menjadi 2, lipatlah menjadi 2 bagian, kemudian beri warna agar menarik, jangan lupa tempel kertas yang sudah dibentuk menjadi kotak seperti gambar di atas, kemudian tempelkan gambar Yesus dan Petrus ke kotak tersebut, sehingga membentuk Pop up card, jangan lupa juga tempel ayat emas di kartu tersebut, lihat contoh jadinya di atas




Selamat berkreativitas, adik-adik!
Tuhan Yesus memberkati! ^_^


Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun C oleh Kak Tan Mariam, DKK
http://images.clipartpanda.com/sheep-head-clipart-black-and-white-sheep-clipart-black-and-white-sheep_icon_black_white_line_art_christmas_xmas_stuffed_animal_coloring_book_colouring-999px.png
http://www.religiocando.it/giochi%20_anno.html
Thanks to Romo Petrus Santoso, SCJ 

Comments