Tahun C, Hari Minggu Pra Paskah V~Yohanes 8:1-11~Belas kasih Allah

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Yohanes 8:1-11)

Adik-adik, minggu ini ternyata kita sudah memasuki minggu pra paskah yang kelima ya..

Siapa yang masih ikut berpantang dan berpuasa, hayoo...?

Wah, hebat ya, adik-adik sampai saat ini masih setia ikut berpantang dan berpuasa yaa..


Dalam masa Pra Paskah ini kita harus lebih mempersiapkan hati kita dengan baik ya, seperti lebih mengasihi sahabat-sahabat kita, mau meluangkan waktu lebih banyak untuk membaca firman Tuhan yang ada di dalam Alkitab, mau menyisihkan sebagian uang jajan kita untuk memberi orang-orang yang berkekurangan.


Adik-adik, apakah kalian pernah mempunyai musuh? 

"Huuhh..aku benci sekali dengan temanku itu kak, dia selalu mengambil makananku, dan dia selalu mengejekku disekolah, huhh..ingin sekali ku balas perbuatan nakalnya dia.."
Wah..ada yang pernah seperti itu tidak ya, adik-adik? (tunggu jawaban adik-adik).

Pastinya kalian pernah merasa seperti itu, pernah ingin membalas kenakalan teman-teman kalian ya..ingin sekali berbuat jahat, membalas mereka.

Wah..didalam masa Pra Paskah ini, kita diminta agar lebih banyak mengampuni orang-orang yang sudah membuat kita sedih, membuat kita sakit hati ya, adik-adik.
Sepertinya sulit ya untuk mengampuni mereka, tapi..coba deh kalian mulai mendoakan mereka, lalu jangan membalas dengan perbuatan yang jahat juga ya, tapi kalian harus bisa mengampuni segala perbuatan jahat mereka kepada kalian ya. Ayo katakan, "aku mengampuni semua orang yang berbuat jahat padaku..!"

Seperti dalam Injil hari ini yang mengisahkan tentang seorang wanita yang berbuat dosa berat, tetapi Allah Bapa tetap mengampuni dosa-dosa wanita itu.

Yesus pun berkata kepada semua orang, "Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu." (ayat 7)


Wah, Yesus menyadarkan kita ya bahwa kita semua adalah orang yang berdosa, maka sudah sepantasnyalah kita pun menyadari segala dosa-dosa kita bukan malah menghukum atau menghakimi orang lain yang berdosa.


Kita harus mengakui segala dosa kita di hadapan Allah Bapa dan memohon pengampunan.
Kalian tahu tidak, bahwa Allah Bapa kita itu punya hati yang penuh belas kasih, walaupun kita sering membuat Dia kecewa dan sedih (contohnya, kita suka malas berdoa, malas ke gereja, dll) tapi Allah Bapa tetap mau mengampuni segala dosa-dosa kita, Ia tetap mau menerima kita sebagai anak-anak-Nya.
Yesus mengatakan: "Akupun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang." (ayat 11)

Wah, kalian senang tidak punya Allah Bapa yang baiikk sekali, tidak suka menghukumm ataupun marah walaupun adik-adik nakal, walaupun adik-adik malas berdoa. Senang yaa..pastinya!
Allah Bapa tetap ada untuk kita ya, adik-adik.
Allah Bapa tidak pernah sedikitpun meninggalkan kita ya..

Maka, sudah sepantasnyalah kita pun harus menyenangkan hati-Nya ya..

Yukss..kita harus belajar untuk mengampuni orang lain yang sudah menyakiti hati kita ya, dan mari kita dekatkan lagi diri kita dengan Allah Bapa ya, caranya yaitu dengan berdoa setiap hari yaa, adik-adik.


Bahan kreatifitas:
Membuat hiasan "Kartu Kasih"



Print gambar Hati di bawah ini di kertas A4, lalu gunting sesuai polanya, kemudian beri warna agar menarik, beri lubang di bagian atas gambar untuk tali gantungannya, dan gunting gambar hati tersebut di sisi kanan dan kirinya tapi jangan sampai putus (untuk menggambarkan dosa-dosa manusia yang kadang mengoyakkan hati Allah Bapa) kemudian lubangi garis tersebut, lalu masukkan tali (untuk menggambarkan bahwa kasih Allah yang begitu besar sehingga sanggup mengampuni dosa-dosa kita)

Print gambar di bawah ini di kertas berukuran A4, gunting sesuai pola, beri warna kemudian tempel ke kertas yang berbentuk hati di atas dengan menggunakan sedotan di bagian belakangnya agar timbul efek 3D (3 dimensi), jangan lupa ayat emas di tempelkan di bagian belakang gambar hati di atas, lihat contoh jadinya di atas.
Selamat membuat ya, adik-adik!
Tuhan Yesus memberkati.

Source:
https://id.pinterest.com/pin/396035360960684628/
Thanks to Mo San :)

Comments