Tahun C, Hari Minggu Paskah VII~Satu dalam Kristus (Hari Minggu Komunikasi Sedunia)~Yoh 17:20-26


(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Yohanes 17:20-26)


Adik-adik, apakah kalian suka bermain puzzle? Puzzle dapat menjadi permainan yang menyenangkan (buka dos puzzle dan keluarkan isinya. Wow! Lihat semua potongan puzzle ini. Potongan-potongan puzzle ini berbeda ukuran, bentuk, dan warna. Jika kalian memperhatiakn salah satu potongan puzzle ini, kalian tidak akan dapat membayangkan gambarnya secara keseluruhan. Iya bukan? Satu potongan saja tidak terlalu penting, tetapi bila semua potongan digabungkan bersama menjadi satu, maka potongan-potongan itu dapat menunjukkan gambar secara keseluruhan.


Puzzle dapat mengajarkan kepada kita pelajaran penting tentang Gereja. Gereja dibangun dari banyak anggota. Seperti potongan-potongan puzzle, anggota Gereja datang dari ukuran, bentuk dan warna yang berbeda. Yesus sendiri berdoa agar Gereja menjadi satu, sehingga dunia dapat melihat kasih Allah di dalamnya. Kalian dan kakak adalah bagian dari gambar puzzle itu. Yesus menghendaki agar kita saling mengasihi, tolong menolong dan saling melayani satu sama lain. Bila kita melakukan hal itu, kita menjadi satu, seperti yang Yesus doakan. Bila kita satu, dunia dapat melihat kasih Allah di dalam kita.


Namun malang, kadang-kadang sukar untuk menempatkan semua potongan puzzle bersamaan. Anggota-anggota Gereja kadang punya kesulitan waktu untuk bersatu. Mungkin kita pernah mendengar orang-orang di dalam Gereja berkata seperti ini, "Saya tidak suka lagu yang kita nyanyikan" atau "Khotbah Pastor terlalu lama." Bila kita mengatakan hal-halseperti itu dan berfokus pada hal-hal yang kita sukai dan tidak kita sukai, kita tidak akan bertahan lama dalam kesatuan. Kita seperti potongan-potongan puzzle. Dunia tidak dapat melihat kasih Allah di dalam kita. Mereka tidak mendapatkan keseluruhan gambar.


Bila kalian hanya memikirkan diri sendiri dan bukan bersatu dengan orang lain di dalam Gereja, ingatlah bahwa Yesus telah berdoa supaya kita menjadi satu. Bila kita satu dan diikat dengan kasih Kristus, dunia akan melihat Kasih Allah melalui kita.



Bahan kreatifitas :

 

Print gambar di bawah ini di kertas berukuran A4, kemudian gunting sesuai polanya 
Lipat gambar tangan menjadi 2 dengan mengikuti garis putus-putusnya, kemudian tempel di kertas berwarna (warnanya bebas) berukuran A4, tempel juga gambar keluarga yang sedang berdoa dan ayat emasnya dengan menggunakan sedotan di bagian belakangnya 



Selamat membuat, adik-adik
Tuhan Yesus memberkati!!

Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun C oleh Kak Tan Mariam, DKK.
http://www.sermons4kids.com/jesus_praying_colorpg.htm 

Comments