Tahun C, Hari Minggu Biasa X~Yesus menyembuhkan anak muda di Nain~Luk 7:11-17

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Lukas 7:11-17)

Hari ini kakak membawa sebuah kaus berwarna kuning.  Tahukah kalian apa istimewanya kaus kuning ini? Dalam dunia lomba sepeda profesional, pemimpin di tiap tahapan lomba selalu mengenakan kaus berwarna kuning. Itulah sebabnya semua orang yang menonton dapat melihatnya dengan mudah. Ketika perlombaan berakhir, pemenang diperbolehkan menyimpan kaus kuning itu sebagai simbol kemenangannya. Kaus kuning dari perlombaan bersepeda Tour de France adalah salah satu tanda kemenangan yang paling berharga dari seluruh olah raga profesional.

Adik-adik, Lance Amstrong adalah salah satu pembalap sepeda terbaik di dunia. Ia masih muda, kuat dan cerah masa depannya. Ia tahu bahwa dirinya terkenan kanker ganas. Dokter memberitahukan bahwa kesempatannya untuk hidup tinggal 50-50, tetapi nyatanya ia tidak hanya bertahan hidup, melainkan juga memenangkan perlombaan Tour de France yang ketujuh kalinya! Itu sebuah belokan yang ajaib dalam dunia perolahragaan.

Bacaan Kitab Suci hari ini mengajarkan tentang sebuah belokan yang lebih ajaib. Pada suatu hari, Yesus dan para murid-Nya sedang berjalan menuju sebuah kota bernama Nain. Ketika mereka mendekati pintu gerbang kota, ada orang mati diusung keluar. Ia adalah anak tunggal ibunya yang sudah janda. Ibu itu merasa sedih sekali karena tidak ada lagi yang merawatnya. Ketika Yesus melihatnya, Ia merasa kasihan dan berkata kepada ibu itu, "Jangan menangis."

Ia menghampiri usungan itu dan menyentuhnya. "Anak muda, Aku berkata kepadamu, bangkitlah!" Maka bangunlah orang itu lalu duduk dan mulai berkata-kata. Yesus menyerahkannya pada ibunya, lalu anak muda dan ibunya itu berbelok dan kembali ke rumah. Nah, itulah yang dinamakan sebuah belokan ajaib!

Adik-adik, Yesus ingin agar kita mengalami sebuah belokan ajaib dalam hidup kita. Tanpa Dia, kita bahkan tidak akan mempunyai kesempatan hidup 50-50 seperti yang dikatakan oleh dokter pada Lance Amstrong. Tetapi Yesus datang untuk memberi kita hidup abadi. Ia berkata, "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya." Itulah belokan ajaib yang Yesus inginkan untuk kita.

Atau penjelasan singkat mengenai cerita di atas adalah tentang "belas kasih" Yesus yang begitu besar pada manusia maka Dia pun membangkitkan anak muda itu, dan kita pun harus "percaya" bahwa Yesus adalah benar-benar anak Allah yang mempunyai kuasa untuk menyembuhkan orang yang sakit bahkan membangkitkan orang yang sudah mati.

Bahan kreatifitas :
Membuat gambar Yesus yang menyembuhkan anak muda di Nain



Paku kertas untuk menempelkan gambar di atas


Print gambar dibawah ini di kertas tebal berukuran A4, gunting gambar Yesus dan anak muda sesuai pola, kemudian tempel ke gambar dasarnya, untuk gambar anak muda tersebut satukan dengan menggunakan paku kertas atau bisa diganti dengan kawat atau kertas,  sesuai kreativitas masing-masing pendamping (lihat contoh jadi)

Untuk gambar Yesus di tempel ke bagian belakang gambar (dengan cara diselipkan), lihat contoh jadinya, sedangkan gambar anak muda tersebut di tempel dengan menggunakan paku kertas agar bisa digerakkan naik dan turun, lihat contoh jadinya




Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun C oleh Kak Tan Mariam, DKK.
http://www.biblekids.eu/new_testament/miracles_%20of_%20Jesus/miracles_%20of_%20Jesus_coloring/Jesus_%20heals_%20the_%20sick_11.jpg

Comments