Tahun C, Hari Raya Tritunggal Maha Kudus~Kekuatan yang tidak terlihat~Yoh 14:15-16, 23b-26

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Yoh 14:15-16, 23b-26)

Adik-adik, kakak akan memperlihatkan sesuatu yang luar biasa pada kalian pagi ini.
Kakak akan menggerakkan uang di atas karton ini dari sebelah sini ke sisi satunya tanpa menyentuhnya. Kakak minta dua orang dari kalian untuk memegang karton ini, agar kalian tidak berpikir bahwa kakak akan menyentuh uang ini. Ya, apakah kalian siap untuk adegan yang mengherankan? (Letakkan magnet di bawah karton yang di atasnya terletak benda dari besi itu dan gerakkan ke arah Anda inginkan.)

Wow!Aneh, bukan? Bagaimana kakak bisa melakukannya? Ah, kakak tidak mau membodohi kalian. Kakak menggunakan magnet. Kalian tahu kekuatan magnet dan akibatnya pada benda-benda dari besi. Kalian tidak dapat melihat magnet itu, tetapi kalian mengetahuinya, karena melihat kekuatan magnet yang bekerja pada uang logam ini dan menggerakannya.

Tahukah kalian bahwa kita dapat mempunyai kekuatan dalam diri kita yang dapat membimbing hidup kita, sama seperti magnet yang menggerakkan uang logam ini?
Kekuatan itu berasal dari Roh Kudus. Ketika Yesus mengetahui bahwa sudah waktunya Ia harus kembali ke surga, Ia memanggil para murid-Nya. Ia mengajar mereka tentang apa yang harus mereka nantikan ketika Ia telah tiada. Ia memberitahu mereka, ketika Ia pergi, Roh Kudus akan datang dan membimbing mereka.

Ketika kita memutuskan untuk mengikuti Yesus sebagai Tuhan dan Penyelamat kita, Roh Kudus akan datang sebagai Pembimbing kita. Kita tidak dapat melihat Dia, tetapi kita tahu bahwa Dia ada, karena kita dapat merasakan kekuatan-Nya dan melihat Dia bekerja dalam hidup kita. Sama seperti kita melihat kekuatan dari magnet yang menggerakkan uang logam ini, kita dapat melihat Roh Kudus membimbing kita dalam hidup sehari-hari dan memimpin kita ke tempat yang Allah kehendaki.

Jika kakak memegang magnet ini dari kejauhan, ia tidak punya pengaruh apa-apa pada uang ini. Uang ini harus berada dekat dengan magnet, agar terpengaruh efek dari magnet itu.
Kita harus dekat pada Allah, agar kekuatan Roh Kudus-Nya bekerja dalam hidup kita. Lebih dekat dengan Allah dapat membantu kita lebih merasakan kekuatan Roh Kudus yang bekerja dalam hidup kita. Marilah kita berdoa dan berterima kasih kepada Allah, karena Ia telah mengirimkan Roh Kudus menjadi pembimbing kita.

Bahan kreatifitas :
Membuat hiasan Tritunggal Mahakudus
(siapkan 3 buah stik es krim, kemudian satukan membentuk segitiga seperti contoh di bawah ini)


Print gambar di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, gunting sesuai pola lingkaran dan pola kotak (untuk bagian judul "Hari Raya Tritunggal Mahakudus"), kemudian tempel di bagian stik es krim yang telah disusun menjadi segi tiga (lihat contoh jadinya).


Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun C oleh Kak Tan Mariam, DKK
http://www.supercoloring.com/sites/default/files/styles/coloring_full/public/cif/2016/03/shamrock-holy-trinity-coloring-page.png

Comments