Tahun C, Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus~Roti Hidup~Luk. 9:11b-17

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Lukas 9:11b-17)

Adik-adik, apakah kalian semua suka dengan coklat, permen, dan kue ini? (sambil ditunjukkan makanan-makanan tersebut).

Sebagian besar anak-anak pergi ke sekolah membawa bekal makanan seperti ini. Sebagian lagi tidak membawa dari rumah, tetapi membelinya di sekolah. Ada anak yang seharian tidak makan nasi, karena terlalu banyak makan makanan seperti ini.

Tahukah kalian, apa yang akan terjadi bila kita mengkonsumsi terus-menerus makanan seperti ini? (Beri kesempatan pada anak untuk menyampaikan pendapatnya). Ya, betul, tubuh kita akan menjadi lemah dan mudah sakit. Mengapa? Karena makanan-makanan ini tidak memiliki vitamin dan gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan badan yang kuat dan sehat. Badan kita membutuhkan nutrisi yang kita peroleh dari daging, nasi, buah-buahan dan sayuran. Tidak seorangpun dapat bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama kalau hanya mengkonsumsi makanan-makanan seperti ini.

Disamping tubuh jasmani kita, tubuh rohani kita juga memerlukan nutrisi. Ada banyak orang yang setiap memberi makan rohaninya hanya dengan makanan seperti ini. Mereka memberi makan rohaninya dengan acara-acara TV, bioskop, komik, majalah dan makanan tak bergizi  lainnya. Mereka tidak pernah memberi makan rohaninya dengan nutrisi yang sungguh-sungguh dibutuhkan untuk kekuatan dan kesehatannya. Mereka tidak pernah memberi makan rohaninya dengan Sabda Allah. Kitab Suci mengatakan bahwa kekuatan kita berasal dari Tuhan dan kekuatan itu datang lewat Sabda-Nya.

Bahan kreativitas:







Print gambar di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, lalu gunting gambar kedua hosti di bawah, kemudian tempelkan ke gambar dasar, di bagian atas piala, jangan lupa cutter di bagian garis putus-putus pada judulnya "Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus" kemudian lipat ke bagian depan




Tuhan Yesus memberkati ^_^


Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun C oleh Kak Tan Mariam, DKK.

http://www.catholicinspired.com/2011/07/jesus-in-eucharist-art-project.html



Comments