Tahun C, Hari Minggu Biasa XII~Yesus Putera Allah~Luk 9:18-24

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Lukas 9:18-24)

Ketika kakak masih kecil, ada sebuah acara terlevisi berjudul "Siapakah Dia?" Idenya sangat sederhana. Di sana ada peserta yang terdiri dari empat orang tokoh terkenal. Mereka bertanya yang jawabannya hanya boleh YA atau TIDAK kepada para tamu. Lalu mereka berusaha menebak apa pekerjaan sehari-hari dari tamu itu.

Bila para tamu yang datang pada pertunjukkan menggunakan topi pemadam kebakaran, tentu akan sangat mudah untuk para peserta menebak apa pekerjaan mereka, iya kan?

Tetapi bagaimana jika diantara para tamu itu adalah seorang guru di sekolah? Dapatkah para peserta menebak bahwa salah satunya adalah guru sekolah hanya lewat penampilannya?
Atau bagaimana kalau orang itu seorang pengacara? Pengacara itu kelihatan rapi sama seperti yang lainnya. Maka, kalau ia tidak mengenakan sejenis topi khusus atau seragam kerjanya, hampir tidak mungkin diketahui apa pekerjaannya hanya dengan melihat penampilannya saja.

Yesus tidak mengenakan sesuatu yang khusus untuk menunjukkan siapa Dia. Coba pandanglah Dia. Bisa jadi Yesus tampak sama dengan orang-orang lain pada masanya. Karena itu kalian dapat bayangkan, bahwa banyak orang menjadi kebingungan untuk mengenal siapa Yesus sesungguhnya.

Suatu hari, Yesus sedang bersama murid-murid-Nya dan Ia melakukan permainan "Siapakah Dia?" dengan mereka. Tetapi kali ini Yesus yang mengajukan pertanyaan. Yesus memandang kepada para murid-Nya dan bertanya, "Menurut orang-orang, siapakah Aku ini?"

Salah seorang murid menjawab, "Sebagian orang mengatakan bahwa Engkau adalah Yohanes Pembaptis."

"Sebagian lagi mengatakan bahwa Engkau adalah Elia atau salah seorang dari para nabi," jawab yang lainnya.

Yesus bertanya lagi kepada para murid-Nya, "Tetapi menurut kamu, siapakah Aku ini?"

"Engkau adalah Mesias," jawab Petrus, "Anak Allah yang hidup."

Kitab Suci tidak mengatakan kepada kita, tetapi kakak kira murid-murid lain berteriak-teriak, "Ya Petrus! Jawaban yang hebat! Jawaban yang tepat!"

Yesus memandang Petrus dan berkata, "Berbahagialah Engkau, Simon, anak Yunus, sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di surga. Mulai sekarang Aku akan memanggil engkau Petrus (yang berarti Batu Karang) dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan Gereja-Ku."

Adik-adik, apakah kalian mengetahui bahwa masih banyak orang di zaman ini yang tidak tahu siapa itu Yesus? Bila kalian bertanya kepada mereka, mungkin jawabannya, "Dia adalah guru yang hebat." Atau yang lain mengatakan, "Dia adalah pemimpin agama yang hebat."
Mereka tidak tahu, sebagaimana Petrus ketahui. Mereka tidak tahu, sebagaimana kalian dan kakak ketahui. Mereka tidak tahu bahwa Yesus adalah Mesias, Anak Allah.

Bahan kreativitas:
Membuat gulungan gambar Yesus bersama murid-murid-Nya
Gambar di bagian dalam gulungan 

Gambar tampak depan setelah digulung dengan menggunakan sedotan dan diberi pita untuk menyatukan gulungan tersebut



Printlah gambar di bawah ini di kertas berukuran A4, lalu beri warna agar menarik, tempelkan sedotan di kedua sisi gambar tersebut (sisi kanan dan sisi kiri) kemudian gulung dan satukan dengan menggunakan pita, lihat contoh jadinya di atas

Percayalah, bahwa Yesus adalah Mesias!

Selamat berkreasi ya, adik-adik..
Tuhan Yesus memberkati ^_^


Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun C oleh Kak Tan Mariam, DKK.
http://losninosylabiblia.blogspot.co.id/search/label/Dibujos%20B%C3%ADblicos

Comments