Tahun C~Hari Minggu Biasa XVII~Tuhan menjawab doa kita~Lukas 11:1-13

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Lukas 11:1-13)

Pernahkah kalian mendengar kisah tentang Alladin dan lampu ajaibnya? Dalam kisah itu diceritakan, suatu hari Alladin menemukan sebuah lampu ajaib. Awalnya ia tidak tahu benda apa itu, karena benda itu ditemukan dalam keadaan tertutup debu. Ketika Alladin mengambilnya dan mulai membersihkannya, barulah tampak bentuk benda itu. Ternyata sebuah lampu ajaib.

Ketika Alladin menggosok-gosok terus lampu itu, tiba-tiba keluarlah asap yang makin lama makin menyerupai sosok jin (hantu). Hantu itu hantu yang baik. Ia berjanji akan mengabulkan tiga permintaan Alladin sebagai ucapan terima kasihnya, karena Alladin telah mengeluarkannya dari lampu ajaib.

Tiga kali permintaan Alladin dikabulkan hantu lampu ajaib itu. Maka, dalam cerita itu Alladin menjadi orang yang kaya raya, padahal awalnya ia sangat miskin. Bukan main senangnya Alladin.

Suatu hari Yesus mengajar para murid-Nya bagaimana seharusnya berdoa. Bayangkan kamu pergi ke rumah temanmu pada malam hari dan berkata, "Saya mau meminjam roti. Saya kedatangan seorang teman di rumah dan tidak memiliki sesuatu untuk menyuguhinya."
Temanmu menjawab, "Hari sudah larut malam dan kami sudah tidur. Saya tidak dapat bangun dan memberi kamu roti." Ia mungkin tidak memberimu roti, tetapi jika kamu terus mengetuk pintu dan membangunkannya, ia akan bangun juga dan memberimu roti."
Kemudian Yesus berkata, "Mintalah, maka apa yang akan kamu minta akan diberikan kepadamu. Carilah, dan apa yang akan kamu cari akan didapatkan. Ketuklah, dan pintu akan dibukakan bagi kamu. Sebab setiap orang yang meminta, akan menerima apa yang dimintanya. Setiap orang yang mencari, akan menemukan apa yang dicarinya. Setiap orang yang mengetuk, maka pintu akan dibukakan baginya."

Yesus mencoba membuat para murid-Nya mengerti. Ia ingin agar kita juga mengerti, kalau kita minta kepada Bapa, kita akan menerima. Kalau kita mencari Bapa, kita akan menemukan-Nya. Kalau kita mengetuk, Tuhan akan membuka pintu.

Tok, tok, tok. Siapa di luar? Tuhan di luar dan Ia menjawab doa kita. Itulah sebabnya kita harus berdoa seperti yang Yesus ajarkan kepada kita:

Bapa kami yang ada di surga
Dimuliakanlah nama-Mu
Datanglah kerajaan-Mu
Jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga
Berilah kami rejeki pada hari ini
Dan ampunilah kesalahan kami
Seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami
Dan janganlah masukkan kami ke dalam percobaan
Tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat. Amin.

Bahan kreativitas:
Membuat kartu doa

Bagian dalam kartu

Bagian belakang kartu yang ditempel ayat emasnya

Print gambar di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, gunting sesuai gambarnya, beri warna lalu lipat ke arah depan, lihat contoh jadinya di atas
 Print gambar kedua tangan di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, beri warna agar menarik, gunting sesuai polanya, lalu tempel ke bagian depan  pola gambar diatas, lihat contoh jadinya di atas
 Print ayat emas di bagian bawah ini di kertas berukuran A4, beri warna, gunting sesuai kotaknya, lalu tempel di bagian belakang kartu, lihat contoh jadinya.
Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun C oleh Kak Tan Mariam, DKK.
https://id.pinterest.com/pin/188729040612986486/

Comments