Tahun C~Hari Minggu Biasa XIX~Harta di surga~Luk 12:32-48

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Lukas 12:32-48)

Apakah kalian dirumah punya celengan? Seringkah kalian memasukkan uang ke dalamnya? Kakak kenal beberapa orang yang setiap malam suka memasukkan semua uang pengembalian ke dalam celengannya. Mungkin yang dimasukkan tidak seberapa banyak, tetapi bila penambahan dilakukan setiap hari, maka betapa menakjubkan jumlahnya.

Menggunakan celengan atau tabungan di bank adalah cara menabung yang baik untuk mencukupi kebutuhan mendesak tak terduga atau keinginan melakukan sesuatu yang istimewa. Namun, kita perlu hati-hati, karena harta yang kita simpan bukanlah sesuatu yang paling penting dalam hidup kita. Yesus mengingatkan kita dalam pengajaran kepada para pengikut-Nya tentang uang. Ia mengatakan bahwa mereka tidak perlu terlalu kuatir dengan pengumpulan harta di dunia, tetapi harus lebih memusatkan perhatian pada pengumpulan harta di surga.

Harta di surga? Bagaimana kita dapat mengumpulkan harta di surga? Yesus mengajarkan bahwa salah satu cara untuk mengumpulkan harta di surga adalah memberi derma kepada orang-orang miskin. Dapatkah kalian pikirkan cara lain untuk dapat mengumpulkan harta di surga? Kakak kira kita mengumpulkan harta di surga bila kita melakukan hal-hal yang dapat menolong orang lain, seperti :
Menjenguk orang sakit
Memberi makan orang lapar
Peduli dan memberi penghiburan kepada yang bersedih
Berdoa bagi orang lain
Menjadi teman bagi orang yang kesepian
Mengampuni orang yang pernah melukai kalian
Minta maaf bila kalian melukai orang lain

Semua itu dapat kita lakukan disini, di dunia dan akan kita kumpulkan sebagai "harta di surga" seperti yang Yesus katakan. Mungkin yang kita lakukan hanyalah hal-hal sederhana, tetapi kalau semua itu kita lakukan setiap hari, betapa menakjubkan hasilnya.


 Bahan kreativitas:
Membuat bejana harta di surga 

kreativitas tampak belakang

Print gambar di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, gunting sesuai pola gambarnya, cutter dibagian garis putus-putusnya lalu tempelkan kertas dibagian belakang gambar bejana , kemudian beri warna agar menarik

Print gambar dibawah ini di kertas tebal berukuran A4, gunting sesuai pola lingkarannya, beri warna agar menarik, kemudian masukkan ke dalam lubang bejana yang sudah dibuat tadi, jangan lupa tempelkan gambar bintangnya di atas bejananya (lihat contoh jadinya diatas).

Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun C oleh Kak Tan Mariam, DKK.
http://www.cool2bkids.com/wp-content/uploads/2015/01/Money-Coloring-Pages-for-Kids-Printable.jpg

Comments

  1. Terimakasih sudah berbagi materi untuk Bina Iman Anak...semangat terus ya Kak....Tuhan memberkati

    ReplyDelete
  2. Terimakasih tetap setia berbagi materi ya.. kita jadi dpt inspirasi setiap mau isi BIA. Terus berkarya ya, min.. Tuhan berkati :)

    ReplyDelete
  3. Terimakasih tetap setia berbagi materi ya.. kita jadi dpt inspirasi setiap mau isi BIA. Terus berkarya ya, min.. Tuhan berkati :)

    ReplyDelete

Post a Comment