Tahun C~Hari Minggu Biasa XXII~Yesus tidak pernah meninggalkan kita~Lukas 14:1.7-14

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Lukas 14:1.7-14)

Lihat, apa yang kakak pegang! Kakak memegang undangan pesta besar. Coba dengar kata-kata ini, "Kalian diundang pesta di Gereja (sebutkan nama Gereja anda). Hari Jumat ini, jam 18.30, akan ada permainan dan kegembiraan untuk semua dan banyak makanan lezat."

Apakah kalian menerima undangan seperti ini? Ayo, siapa yang mendapat undangan? Tidak ada? Kakak heran kenapa kalian ketinggalan? Bagaimana perasaan kalian saat mengetahui bahwa kalian tidak diundang untuk menghadiri pesta besar? Apakah perasaan kalian terluka? Apakah kalian bertanya-tanya kenapa kakak dapat undangan sedangkan saya tidak? Pasti muncul perasaan tidak nyaman  bila kita ditinggalkan, iya kan?

Apakah kalian pernah meninggalkan seseorang ketika menyelenggarakan pesta atau melakukan sesuatu yang istimewa? Apakah kalian hanya mengundang teman-teman istimewa kalian? Apakah kalian pernah meninggalkan teman yang tidak mempunyai uang dan berpakaian tua dan lusuh? Apakah kalian meninggalkan teman yang tidak terlalu pandai? Apakah kalian meninggalkan teman yang warna kulitnya berbeda? Bagaimana kalian pikir tentang perasaan teman-teman yang kalian tinggalkan itu?

Yesus mengatakan, jika kita mengadakan pesta, janganlah kita hanya mengundang teman-teman dekat saja. Sesungguhnya Ia ingin agar kita mengundang orang-orang yang kita tinggalkan: orang-orang miskin, cacat dan mereka yang kurang beruntung. Ia mengatakan, bila kita hanya berbuat baik kepada mereka yang berbuat baik kepada kita, berarti kita sudah mendapatkan balasannya, tetapi bila kita berbuat baik kepada mereka yang tidak dapat berbuat baik kepada kita, berarti kita akan menerima balasan di sini atau di surga?

Apakah kalian mengetahui undangan yang kakak katakan? Itu bukan undangan yang sesungguhnya. Undangan itu kakak buat untuk membantu kita, agar mengerti bagaimana rasanya ditinggalkan. Indah sekali rasanya mengetahui bahwa kalian tidak pernah akan meninggalkan.

Perutusan Misioner :
Saya akan mengajak teman-teman bermain tanpa membeda-bedakan mereka.

Bahan kreativitas:
(tampak bagian depan)
  (tampak bagian dalam gambar hatinya)

Print gambar dibawah ini dikertas berukuran A4 lalu beri warna agar menarik

Print gambar dibawah ini dikertas berukuran A4, gunting sesuai dengan pola hatinya, beri warna lalu tempel di gambar atas (lihat contoh jadinya diatas)

Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun C oleh Kak Tan Mariam, DKK.
http://0.tqn.com/d/familycrafts/1/S/v/W/3/Jesus-Loves-Me-Coloring-Page.jpg

Comments