Tahun C~Hari Minggu Biasa XXI~Yesus adalah pintu masuk surga~Lukas 13:22-30

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Lukas 13:22-30)

Dalam bacaan Kitab Suci hari ini, Yesus menceritakan tentang orang yang mengetuk pintu tetapi waktunya sudah terlambat. Pintu apa yang dimaksudkan dalam pembicaraan Yesus itu? Ya, pintu surga.

Setiap orang ingin masuk surga, tetapi pintunya hanya ada satu dan Yesus mengatakan pintu itu sangat sempit. Yesus juga berkata, "Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu! Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat. Jika tuan rumah telah bangkit dan telah menutup pintu, kamu akan berdiri di luar dan mengetok-ngetok pintu sambil berkata: Tuan, bukakanlah kami pintu! dan Ia akan menjawab dan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang. Pergilah dari pada-Ku."

Apakah kata-kata Yesus itu terasa keras bagi kalian? Di manakah pintu yang sempit yang harus kita cari itu dan bagaimana cara masuk ke dalamnya?

Kalian mungkin ingat suatu kali Yesus pernah menceritakan tentang Gembala Yang Baik. Dalam, perumpamaan itu Yesus mengatakan, "Akulah pintu itu : barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput (Yoh 10:9).

Hanya ada satu pintu masuk menuju surga dan pintu itu adalah Yesus. Siapa saja yang bisa memasuki pintu itu? Siapapun! Ya, siapapun! Kalau kita menaruh iman dan kepercayaan kita hanya kepada Yesus, kita tidak akan berdiri di luar mengetuk pintu sambil menangis, "Izinkanlah saya masuk!"

Apakah usaha yang bisa kita lakukan agar kita dapat masuk pintu (surga)? Apakah ada diantara kalian yang tahu bagaimana caranya? (Beri kesempatan anak-anak untuk menyampaikan pendapatnya). Ya benar, untuk dapat masuk surga, kita semua harus melakukan kehendak Tuhan selama kita hidup di dunia ini.

Apa saja kehendak Tuhan itu? Apakah kalian tahu? Ya, kehendak Tuhan itu antara lain ada didalam sepuluh perintah Allah (ada yang bisa menyebutkan?) Kalau kita mau masuk surga, maka kita harus rajin berdoa, ke gereja, baca Kitab Suci, menghormati orang tua, guru-guru dan orang yang lebih tua, suka membantu orang lain yang kesusahan, tidak boleh berbohong, menghina, menuduh yang tidak benar kepada orang lain, tidak boleh mencuri, kalau meminjam barang milik orang lain harus dikembalikan.  Rela minta maaf kalau bersalah dan memaafkan orang lain yang bersalah kepada kita, tidak dendam. Kalau kita mampu melakukan itu semua, kakak yakin kita bisa masuk surga. Nah, marilah kita berusaha supaya kita semua masuk surga.

Perutusan Misioner :
Contoh: Saya akan selalu berusaha mematuhi peraturan di sekolah dan di rumah supaya saya bisa masuk surga.

Bahan kreativitas :
Membuat pembatas Alkitab
(tampak dibagian depan)

(tampak dibagian belakang)

 

Print gambar di bawah ini dikertas tebal berukuran A4, gunting sesuai garis, beri warna kemudian tempelkan kedua gambar tersebut (lih. contoh jadi diatas)



Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun C oleh Kak Tan Mariam, DKK




Comments