Tahun C~Hari Minggu Biasa XXVIII~Jangan lupa mengucapkan terima kasih~Lukas 17:11-19

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Lukas 17:11-19)

Minggu lalu kakak menerima kartu "ucapan terima kasih" ini. Teman kakak baru-baru ini mempunyai seorang bayi dan kami mengirimi sebuah hadiah untuk bayinya. Didalam kartu dikatakan, "Terima kasih banyak untuk hadiahmu. Hadiahnya sungguh-sungguh sesuai dengan apa yang kami butuhkan bagi bayi kami." Kalian tahu, ini sungguh-sungguh membuat kakak merasa senang, karena teman kami menyempatkan diri untuk mengirimi kami kartu dan mengatakan, "Terima kasih."

Bukankah kalian tidak suka bila seseorang melakukan sesuatu yang baik untuk kalian, lalu ibumu berkata, "Ayo, bilang apa?" Kalian tahu apa yang harus dikatakan, tetapi kadang kita lupa untuk mengatakan itu. Itulah yang terjadi di dalam bacaan Kitab Suci hari ini.

Cerita Kitab Suci hari ini tentang sepuluh orang kusta. Apakah kalian tahu apa itu lepra? Bukan, itu bukan binatang dengan bintik-bintik di badannya, itu sih macan tutul. Lepra tidak ada bintik-bintiknya. Lepra adalah orang yang menderita penyakit yang disebut kusta.
Penyakit ini disebabkan oleh luka di seluruh tubuh. Kusta sangat lazim pada zaman Yesus dan orang yang menderita kusta itu dianggap najis. Mereka diminta untuk tinggal jauh dari orang lain, karena ada ketakutan mereka akan menulari orang lain dengan penyakit mereka.

Suatu hari, ketika Yesus sedang berjalan menyusuri kampung, Ia melihat sekelompok orang kusta. Mereka berdiri jauh dari Yesus dan memanggil-Nya, "Yesus, Guru, kasihanilah kami." Mereka mengetahui sungguh-sungguh bahwa Yesus memiliki kekuatan untuk menyembuhkan mereka. Ketika Yesus mendengar mereka, Ia menyahut, "Pergilah dan tunjukkanlah dirimu kepada para imam."

Sementara mereka dalam perjalanan untuk menemui para imam, mereka memperhatikan kulit mereka, dan ternyata luka-luka mereka sudah lenyap. Yesus telah menyembuhkan penyakit mereka. Mereka begitu bahagia, mereka lari di jalan sambil menyanyi dan menari. Tiba-tiba, seorang dari mereka berhenti dan kembali. Ia memuji Tuhan dengan suara nyaring, tersungkur di depan kaki Yesus dan berkata, "Terima kasih."
Yesus menjawabnya, "Dimana yang lain, bukankah ada sepuluh orang yang disembuhkan? Kemanakah sembilan yang lain?" Hanya seorang dari sepuluh yang ingat untuk mengucapkan, "Terima kasih."

Tuhan mengerjakan banyak perkara untuk kita! Setiap hari Tuhan menyediakan segala sesuatu yang kita butuhkan: makanan, pakaian dan tempat tinggal. Apakah kita pernah lupa untuk mengucapkan, "Terima kasih?" Mari kita berhenti sekarang dan mengucapkan "Terima kasih" dan meminta Tuhan untuk menolong kita, agar kita selalu ingat berterima kasih kepada-Nya setiap hari.

Perutusan Misioner:
Contoh: Saya akan mengucapkan terima kasih untuk apapun yang saya terima dari orang lain.

Bahan kreatifitas:
Membuat gambar yang bercerita tentang "Yesus yang menyembuhkan 10 orang kusta"
(gambar bagian dalam)


(Gambar bagian luar)

Printlah gambar dibawah ini di kertas tebal berukuran A4, lalu gunting mengikuti kotaknya, jangan digunting menjadi 3 kotak ya, tetapi ketiga kotak tsb tetap menjadi satu kesatuan (setelah digunting gambar tersebut akan terlihat seperti huruf L), beri warna agar menarik, kemudian lipat ketiga bagian tersebut (lihat contoh jadinya).

Selamat membuat..
Tuhan Yesus memberkati!! ^__^


Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun C oleh Kak Tan Mariam, DKK.
http://www.biblesongsandmore.com/2013/07/23/miracles-of-jesus-lesson-plans/
http://kurld.com/image.php?pic=/images/10-lepers-coloring-pages/10-lepers-coloring-pages-8.jpg
http://kurld.com/10-lepers-coloring-pages.html

Comments