Tahun C~Hari Minggu Biasa XXV~Melakukan yang benar~Luk. 16:1-13 (Luk 16:10-13)

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Lukas 16:1-13)

Apa yang akan kalian lakukan, bila saat berjalan di dalam kelas, di dekat meja guru, kalian menemukan uang di lantai? Apakah kalian akan memungutnya dan memberikannya kepada guru? Atau apakah kalian akan menengok ke kanan dan ke kiri untuk memastikan tidak ada orang yang melihat, kemudian memasukkan ke dalam dompet kalian?

Apa yang akan kalian lakukan bila dalam perjalanan dari sekolah ke rumah, kalian menemukan tas seperti ini, dan ketika kalian lihat di dalamnya, kalian menemukan banyak uang? Apakah kalian akan memberitahukan kepada orang tua kalian dan melaporkan penemuan itu kepada polisi? Atau apakah kalian akan mengatakan, "Wow! Ini pasti hari keberuntunganku?"

Hari ini kakak akan menceritakan kepada kalian tiga kisah nyata tentang orang-orang yang menemukan sejumlah besar uang dan memilih untuk melakukan yang benar.

Hector Rodriguez adalah seorang anak SMP berusia 15 tahun. Suatu hari, Hector menemukan tas berisi uang sejumlah Rp. 1.200.000,- di atas mesin minuman Coca Cola. Ia mengambil tas itu, menceritakan kejadiannya kepada gurunya, lalu mereka berdua pergi ke kantor polisi untuk menyerahkan uang tersebut. Ketika ditanya mengapa Hector menyerahkan uang itu dan tidak mengambilnya, Hector mengatakan bahwa ia prihatin dengan karyawan yang ketinggalan tas itu. Ia pasti akan menghadapi persolan  bila ia kehilangan uang tersebut.

Clara, suatu malam sedang berjalan pulang ke rumah, ketika tiba-tiba ia menemukan tas di trotoar di luar sebuah toko. Kemudian ia mengambil tas itu dan melihat isinya. Clara melihat tas itu berisi uang banyak sekali. Ketika Clara tiba di rumah, ia mengatakan kepada istrinya tentang penemuan itu, lalu mereka berdua menghitungnya.
Ada lebih dari Rp. 40.000.000,- Clara menghubungi polisi dan melaporkan tentang uang tersebut. Pemilik toko di dekat rumahnya ternyata yang telah lupa menaruh tasnya itu ketika ia sedang menutup tokonya. Tak disangkal, ia begitu bahagia karena Clara yang menemukan uang itu.

Suatu malam, waktu mengendarai mobil sepulang dari kerja, Jason melintasi persimpangan jalan. Ia mellihat sesuatu tergeletak di jalan yang dikiranya sebuah buku. Ia berhenti dan memungutnya. Ternyata sebuah agenda yang disimpul dengan dompet berretsleting. Di bagian pertama ia menemukan Rpp. 60.000,- dan selembar SIM. Ketika membuka bagian kedua dompet itu, ada gulungan uang tunai! Setelah tiba di rumah, Jason menghitung uang itu, dan ternyata ada lebih dari Rp. 2.000.000,-. Untuk sebagian orang, mungkin akan sulit mengambil keputusan, tetapi tidak bagi Jason. Ia menelpon polisi dan melaporkan penemuannya. Ketika ditanya mengapa ia menyerahkan uang itu, ia menjawab, "Karena inilah hal yang benar untuk dilakukan."

Setelah kita dengar cerita-cerita tadi, mungkin kita bertanya kepada diri sendiri, "Apa yang akan saya lakukan bila saya menemukan semua uang itu?" Untuk menemukan jawabannya, tanyalah pada dirimu sendiri, "Apa yang akan aku lakukan bila aku menemukan uang di lantai dekat meja guruku?" Kalian mengerti, sejujurnya ini bukan pertanyaan tentang berapa jumlah uangnya, tetapi tentang melakukan hal yang benar.

Yesus mengatakan, "Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar." Bila kita yakin bahwa kita jujur dalam perkara-perkara kecil, maka kita akan jujur di dalam perkara-perkara besar. Jika orang-orang mengetahui bahwa mereka dapat mempercayai kita dalam perkara-perkara kecil, mereka akan mengetahui juga bahwa mereka dapat mempercayai kita dalam perkara-perkara besar.

Perutusan Misioner:
Saya akan mengembalikan barang-barang yang saya temukan kepada yang berhak.

Bahan kreativitas :
Ada 2 macam model untuk bahan kreativitas kali ini, dan pendamping bebas untuk memilih kreativitas yang mana yang akan dipakai

Model 1 ~ contoh jadinya

Print gambar di bawah ini di kertas berukuran A4, lalu gunting, beri warna kemudian tempelkan gambar Yesus dan kedua anak tersebut ke kertas gambar dasarnya dengan menggunakan sedotan di bagian belakang gambarnya agar timbul efek 3D (3 dimensi), lihat contoh jadinya
Print gambar dasar di bawah ini di kertas berukuran A4 kemudian beri warna agar menarik 
Model 2 ~ contoh jadinya


Print gambar di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, gunting sesuai pola (untuk pola bingkai yang ada gambar pohonnya, setelah digunting, lalu lipat menjadi 2) buat gambar tersebut seperti bingkai foto, kemudian tempel gambar Yesus dengan kedua anak dan ayat emasnya ke pola bingkai tersebut, lihat contoh jadinya




Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun C oleh Kak Tan Mariam, DKK
http://azcoloring.com/coloring/M8i/Eq8/M8iEq8gca.gif
http://www.mindsandvines.com/wp-content/uploads/2016/05/coloring_pages_trees_plants_and_flowers.jpg
https://id.pinterest.com/pin/633387421937418/
http://www.clipartkid.com/images/204/coloring-page-of-jesus-christ-with-crown-of-thorns-on-cross-at-the-ahQYnZ-clipart.jpg








Comments