Tahun C~Hari Minggu Biasa XXXIII~Jangan takut~Lukas 21:5-19

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Lukas 21:5-19)

Adakah salah seorang yang hadir di sini takut akan ular? Atau dengan kegelapan, apakah kalian takut akan kegelapan? Kakak mau tanya, siapa diantara kalian yang ingin mengungkapkan rasa takutnya kepada sesuatu? (Beri kesempatan anak-anak untuk mengungkapkan perasaan takutnya pada sesuatu).

Baik, kenyataannya kita semua punya ketakutan akan sesuatu. Bahkan orang kaya dan terkenal sekalipun mempunyai ketakutannya sendiri. Dengar beberapa cerita mereka. Apakah kalian mengenal penyanyi terkenal Michael Jackson yang sudah almarhum? Tahukah kalian, bahwa Michael Jackson sangat takut kalau wajahnya kena sinar matahari? Ada bagian-bagian wajah Michael Jackson yang dioperasi. Nah, supaya hasil operasinya tidak rusak, maka ia harus menjaga dirinya dan tidak boleh berada di tempat yang bersuhu tinggi. Itulah sebabnya ia sangat takut kalau wajahnya kena sinar matahari. 

Pasti kalian pernah mendengar kisah para Rasul yang juga mengalami ketakutan. Apakah kalian ingat cerita tentang para Rasul di dalam Kitab Suci yang mengalami ketakutan? Ya...di dalam Kitab Suci diceritakan bahwa para Rasul takut ketika badai terjadi, padahal di perahu mereka ada Yesus yang sedang tertidur. Ada juga cerita tentang para Rasul di sekitar kisah kebangkitan Yesus. Mereka berkumpul di rumah dengan pintu-pintu terkunci, karena takut akan orang-orang Yahudi.

Pada suatu hari Yesus bersama-sama dengan para murid-Nya di Bait Allah. Para murid berkomentar tentang keindahan Bait Allah itu saat Yesus menyampaikan sesuatu yang akan terjadi terhadapnya. Bait Allah itu akan dihancurkan dan akan ada peperangan, gempa bumi dan kelaparan. Yesus juga mengatakan kepada mereka, bahwa mereka akan dibenci dan dianiaya, bahkan dimasukkan ke dalam penjara. Keadaan yang sungguh-sungguh menakutkan, bukan? Para murid pun merasa takut, tetapi Yesus mengatakan agar mereka jangan takut. Yesus berjanji akan menyertai mereka dan tidak ada satu helai rambut di kepala mereka akan hilang, bila mereka percaya kepada-Nya.

Yesus juga berjanji akan menolong kita saat kita merasa takut. Oleh karena itu, kita tidak boleh membiarkan ketakutan menghalangi diri kita untuk menikmati hidup yang Yesus berikan kepada kita. Apapun yang terjadi, Yesus telah berjanji akan menyertai kita saat kita merasa takut.

Bahan kreativitas:
Membuat layangan 



Layangan tampak belakang 
(beri tali sebagai pegangan layangannya)

Layangan tampak depan

Layangan tampak belakang
(tempelkan selotip di bagian talinya agar rapi)

Print gambar pola layangan di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, gunting sesuai garis, kemudian beri warna gambar tersebut agar menarik, kemudian beri tali di bagian tengah pola layangan tersebut, lihat contoh jadinya.
 Print gambar Yesus dan pita di bawah ini di kertas tebal, gunting sesuai polanya, beri warna semua gambar tersebut. Kemudian tempelkan gambar Yesus ke pola layangan di atas dengan menggunakan sedotan di bagian belakang gambarnya (agar timbul efek 3 dimensi, lihat contoh jadinya), kemudian tempelkan ke empat gambar pita ke talinya dengan menggunakan selotip di bagian belakang gambar pita, lihat contoh jadi di atas 


Tuhan Yesus memberkati.


Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun C oleh Kak Tan Mariam, DKK.
https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/originals/77/f3/c4/77f3c4cb043890863f97266e16c1bfd6.jpg


Comments

  1. Keren...
    Terus memberikan Bahan untuk Sekolah Minggu.
    Sangat membantu.
    Semangat berkreativitas.
    Jesus Bless.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih kak Amrina Rina. Tuhan Yesus memberkati :)

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. waaaaaaaa!!
    keren kak

    ReplyDelete

Post a Comment