Tahun C~Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam~Lukas 23:35-43

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Lukas 23:35-43)

Di Amerika Serikat ada sebuah hari yang disebut "Hari Topi." Pada hari itu para guru dan murid mengenakan topi ke sekolah. Bila kalian di sana, kalian akan melihat berbagai macam topi: topi besar, topi kecil, topi dari bahan kain dan topi yang dibuat dari sedotan. Sebagian kelihatan sangat lucu. Kalian dapat bercerita banyak tentang orang-orang berdasarkan topi yang dikenakannya. Kadang-kadang, bahkan kalian dapat mengatakan apa pekerjaan orang-orang berdasarkan topi yang dikenakannya. Kakak membawa *tas berisi topi-topi dan akan kakak tunjukkan kepada kalian satu per satu. Kalau kakak mengeluarkan topi dari tas kakak, kalian boleh angkat tangan bila merasa tahu siapa yang menggunakan topi jenis tersebut.

*jika pendamping tidak mempunyai topi bisa diganti dengan gambar

Siapa yang memakai topi seperti ini? (Tunjukkan helm pemadam kebakaran atau gambar helm pemadam kebakaran). Ya, benar! Topi petugas pemadam kebakaran. Mudah, bukan?

Bagaimana dengan yang satu ini? (Tunjukkan topi baja). Ya, kalian benar lagi. Seseorang yang bekerja di bangunan-bangunan akan menggunakan topi ini. Orang-orang yang membangun gedung, jalan raya, jembatan dan yang sejenis itu.

Apakah kalian pernah melihat orang yang menggunakan topi seperti ini? (Tunjukkan topi koboi). Siapa yang menggunakan topi seperti ini? Ya, benar! Ini topi yang biasa digunakan oleh para koboi. (Bisa ditunjukkan topi yang lain, seperti topi petani, dll yang khas di tempat masing-masing).

Sekarang, yang satu ini sedikit berbeda. Lihat, siapa yang tahu, dikenakan oleh siapa topi ini? (Tunjukkan mahkota). Kakak ingin tahu siapa yang menggunakan topi seperti ini? Apakah kalian dapat menebak? Mahkota dikenakan oleh seorang raja atau ratu, ya, kan?

Pelajaran hari ini tentang seorang raja yang lahir ribuan tahun yang lalu. Raja itu berbeda dari kebanyakan raja pada umumnya. Apa yang membuat raja itu berbeda? Baik, perbedaannya, Dia tidak tinggal di dalam istana. Dia tidak memakai jubah yang indah atau mahkota yang berhiaskan permata. Dia tidak memiliki pelayan yang melayaninya, dan tidak memiliki tentara yang bertempur untuk-Nya. Bahkan Dia tidak memiliki negara untuk dia pimpin dan tidak ada mata uang yang diukir dengan wajah atau nama-Nya.

Kakak bayangkan bahwa kebanyakan dari kalian mungkin telah menebak siapa raja ini. Ya, Raja itu adalah Yesus. Yesus bukan hanya raja biasa, Dia adalah Raja dari segala raja. Kerajaan-Nya bukan di dunia, kerajaan-Nya di surga. Itulah sebabnya banyak orang yang tidak memilih Dia untuk menjadi raja mereka. Orang-orang mencari raja yang akan mendirikan kerajaan di dunia dan akan berbagi kekayaan dan kekuasaan.

Yesus akhirnya mengenakan mahkota, tetapi mahkota duri. Salib menjadi takhta-Nya dan di atas kepala-Nya tertulis, "Inilah Raja Orang Yahudi."

Sebagian orang masih menolak untuk mengakui Yesus sebagai raja, tetapi saat ini di seluruh dunia telah terucap kata, " Yesus Kristus Raja di atas segala raja."

Bahan kreativitas:
Membuat mahkota "Kristus Raja semesta alam"



Print pola mahkota di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, (satu kertas A4 terdiri dari 2 buah mahkota) gunting sesuai polanya, beri warna kemudian beri lubang di bagian kedua sisinya, lalu satukan dengan menggunakan karet (lihat contoh jadinya), mahkota siap dipakai di kepala 



Contoh karet untuk mengikat mahkota di atas (bisa diganti dengan karet yang lain, tergantung kreatifitas pendamping)

Tuhan Yesus memberkati ^_^

Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun C oleh Kak Tan Mariam, DKK.
http://coloringonline.info/wp-content/uploads/2015/08/jesus-coloring-pages-lds-wazxqcgoa.gif



Comments