Tahun A, Hari Minggu Advent II~Yohanes pembaptis menyiapkan jalan bagi Yesus Kristus~Matius 3:1-12

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Matius 3:1-12)

Adik-adik, apakah kalian sudah siap untuk menyambut hari Natal? Kalian akan mendengar, pertanyaan berulang-ulang pada minggu-minggu yang akan datang. Apa orang maksudkan ketika bertanya: "Apakah kamu sudah siap menyambut hari Natal?"
(Beri kesempatan anak-anak untuk menyampaikan pendapatnya).

Biasanya orang maksudkan dengan apakah pohon Natalmu sudah dipasang, rumahmu sudah dibersihkan dan ditata rapi? Atau apakah belanjaan Natalmu sudah selesai, kartu Natalmu sudah ditulis dan dikirim?

Banyak kemungkinan dengan apa yang dimaksudkan banyak orang, tetapi ada pertanyaan yang jauh lebih penting, yaitu: "Apakah kamu sudah siap menyambut Yesus yang dirayakan pada hari Natal?"

Ribuan tahun yang lalu, Yohanes Pembaptis mengajarkan tentang artinya siap menyambut Yesus. Ia berpenampilan unik dengan memakai pakaian dari bulu unta dan sabuk di pinggangnya. Makanannya pun belalang dan madu hutan. Apakah kalian tahu apa itu belalang? Ya, belalang itu binatang kecil seperti capung berwarna hijau. Kakak tidak mau ah..makan belalang, kalau madu itu baru enak.

Bagaimana dengan kalian?
Belalang dan madu menjadi makanan Yohanes Pembaptis yang sehari-hari berjalan di padang gurun Yudea. Ia berseru-seru kepada banyak orang: "Bertobatlah, karena Kerajaan Surga sudah dekat."

Apakah kalian pikir bahwa orang mau mendengarkan seruan Yohanes Pembaptis yang berpakaian bulu unta dan makan belalang itu? Ya, ternyata mereka mendengarkan!
Orang-orang dari seluruh daerah Yudea datang berduyun-duyun kepadanya. Mereka mengakukan dosa-dosanya dan dibaptis oleh Yohanes di Sungai Yordan.

Setelah membaptis mereka, Yohanes berkata: "Aku membaptis kamu dengan air, tetapi akan datang seorang yang lebih berkuasa dari padaku. Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus." Tahukah kalian, siapa kira-kira yang Yohanes bicarakan itu? Ya, benar, ia berbicara tentang Yesus. Yohanes Pembaptis menghendaki agar orang-orang menyesali dosa-dosanya, sehingga siap Vi kedatangan Yesus.

Selama masa Advent ini kita perlu mempersiapkan diri untuk menyambut datangnya Kristus kembali. Kita perlu melihat ke dalam hati kita masing-masing dan mohon agar Tuhan membersihkan diri kita. Mari kita mohon agar Tuhan mau melakukannya sekarang juga.

Video animasi tentang Yohanes Pembaptis


Bahan kreativitas:
Membuat gambar Yohanes Pembaptis

Gambar pola 1

Gambar Yohanes Pembaptis pola 2

tempellah sedotan di belakang gambar Yohanes Pembaptis, agar saat di tempel di pola 1, akan tampak 3 dimensi (lihat contoh gambar dibawah ini)

Print gambar pola 1 di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, kemudian beri warna agar menarik
Print gambar pola 2 di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, gunting seperti  contoh diatas, beri warna agar menarik, lalu tempelkan sedotan di bagian belakang gambar kemudian tempellah gambar Yohanes Pembaptis tersebut ke pola gambar 1 (lihat contoh jadinya di atas).



"Bertobatlah, sebab Kerajaan Surga sudah dekat!"
Matius 3:2
Tuhan Yesus memberkati kita semua!




Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun A oleh Kak Tan Mariam, DKK.
https://workinwithkids.files.wordpress.com/2010/09/john-the-baptist-coloring-page.jpg
http://azcoloring.com/coloring/8iA/aGe/8iAaGeria.jpg
http://www.getcoloringpages.com/coloring/14643
https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/736x/90/5e/fe/905efee2e58a18ee87bfbb0c8f6959f4.jpg







Comments