Tahun A~Hari Minggu Advent IV~Yesus datang~Matius 1:18-24

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Matius 1:18-24)

Adik-adik, apalah artinya sebuah nama?
Pernahkah orang bertanya kepada kalian, apa arti nama kalian? Apakah kalian tahu apa arti nama kalian masing-masing? Ketika ayah dan ibu kalian tahu bahwa mereka akan mempunyai seorang bayi, mereka menghabiskan banyak waktu untuk memilih nama.
Mereka mungkin mencari di dalam buku yang memuat arti nama-nama. Kakak juga telah mencari sejumlah nama dengan artinya masing-masing. (Pendamping dapat mencari arti dari beberapa nama anak yang ada di kelas. Jika tidak memiliki buku, ada sejumlah situs di internet yang menyediakan arti dari nama-nama seseorang).

John atau Yohanes adalah nama yang umum dipakai untuk anak laki-laki dan Mary atau Maria untuk anak perempuan di negara-negara Barat. Di Indonesia setiap daerah memiliki nama khas yang diberikan kepada seorang anak, misalnya di Jawa: Nama Joko, Bambang, Slamet dan Budi banyak digunakan untuk anak laki-laki, sedangkan untuk anak perempuan digunakan nama Sri, Wati, Retno, Rini, dll.

Semua nama memiliki arti. Coba kalian tanyakan kepada orang tua kalian apa arti nama kalian masing-masing. Apakah kalian pernah mengenal seseorang yang bernama Daniel atau Danielle? Nama itu berarti "Tuhan adalah hakimku."
Nama anak laki-laki Michael dan Michaela untuk perempuan mempunyai arti "seseorang seperti Allah."

Apakah kalian mempunyai teman yang bernama Budiman? Nama Budiman berarti "berbudi atau bijaksana". Sedangkan Adi berarti "yang utama" dan Aji artinya "raja". Atau adakah teman kalian yang bernama Amelia? Amelia berarti "anggun dan cantik". Anisa berarti "anak yang baik" dan Arini artinya "yang selalu muda".

Ketika Maria dan Yusuf mengetahui bahwa mereka akan memiliki seorang bayi, mereka tidak pernah pergi ke perpustakaan untuk mendapatkan buku dan memberi nama Anak mereka. Tuhan mengutus malaikat kepada Maria dan Yusuf: "Kamu akan memiliki seorang putera dan kamu akan menamai-Nya Yesus, sebab Dia akan menyelamatkan bangsa-Nya dari dosa mereka." Apakah kalian tahu arti nama Yesus? (Beri kesempatan anak-anak menjawab). Ya, nama Yesus artinya "Tuhan Menyelamatkan". Allah begitu mengasihi kita, umat manusia, sehingga mengutus anak-Nya yang tunggal untuk mati di kayu salib, guna membebaskan manusia dari dosa-dosanya.

Lalu apa artinya sebuah nama itu? Seseorang yang bernama Yesus berarti "dalam diri-Nya ada keselamatan".

Pada saat-saat seperti ini, banyak orang berpikir tentang Santa Claus yang datang dan hadiah-hadiah yang akan dibawanya. Padahal sebenarnya yang lebih penting adalah perayaan kelahiran Yesus Kristus yang membawa hadiah paling hebat. Ia membawa hadiah kasih Allah. Injil mengatakan: "Ketika kebaikan dan kasih Tuhan Penyelamat kita muncul, Dia menyelamatkan kita, bukan karena kebaikan yang telah kita perbuat, tetapi karena belas kasihan-Nya." Ya, Ia mengasihi kita bukan karena jasa dan kebaikan kita, tetapi karena belas kasih-Nya yang luar biasa.

Hari ini kita menyalakan lilin Advent yang keempat, lilin kasih. Lilin itu mengingatkan kita akan Allah yang begitu mengasihi kita hingga rela mengutus Anak-Nya mati disalib demi keselamatan kita.

Bahan kreativitas:
Membuat kartu Natal 
(pola kartu bagian depan)

(pola kartu bagian belakang, anak-anak bebas menuliskan dan menghias kartu tersebut sesuai kreativitas masing-masing)

Print gambar dibawah ini di kertas tebal berukuran A4, gunting pola kartunya dan gambar Maria dan bayi Yesusnya sesuai polanya, warnai dan hias agar menarik, untuk gambar Maria dan bayi Yesus setelah digunting, tempelkan ke bagian tengah kartu dengan menggunakan sedotan di bagian belakang gambar agar timbul efek 3 dimensi (3D), setelah selesai beri lubang di bagian atas pola kartu kemudian pasangkan tali warna-warni, kartu tersebut bisa digantung dipohon natal sebagai hiasan (lihat contoh jadinya di atas)



Tuhan Yesus memberkati kita semua ^_^

Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun A oleh Kak Tan Mariam, DKK.
https://carolyncholland.files.wordpress.com/2013/12/26_8_icon.gif


Comments