Tahun A~Hari Minggu Biasa VIII~Jangan kuatir~Matius 6:24-34

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Matius 6:24-34)

Adik-adik, bacaan Kitab Suci hari ini berbicara tentang kekuatiran. Dalam hidup, kita memiliki banyak hal yang membuat kita kuatir. Kita kuatir tidak disukai teman. Kita kuatir bisakah bermain baik dalam klub olah raga? Kita kuatir akankah mendapat nilai ulangan yang baik? Kita kuatir apa akan naik kelas? 
Adik-adik, apa saja yang membuat kalian kuatir? (Beri kesempatan anak untuk menyampaikan pendapatnya).

Setiap orang mempunyai kekuatirannya sendiri-sendiri. Yesus ingin agar kita jangan kuatir, karena Bapa sangat peduli dan selalu memperhatikan kita. Ia mencontohkan dengan Allah yang memberi makan kepada burung-burung, padahal mereka tidak menabur dan menuai. Kita pun tidak perlu kuatir tentang pakaian. Perhatikanlah bunga-bunga di kebun. Raja Salomo yang kaya raya pun tidak memiliki pakaian seindah salah satu bunga di kebun  itu. Nah, kalau kepada burung-burung dan bunga-bunga saja Bapa sangat peduli, apalagi terhadap kita manusia.

Adik-adik, kakak punya ransel yang akan kakak pakai untuk menaruh kekuatiran-kekuatiran kita. Adakah yang bersedia menjadi sukarelawan untuk memikul ransel ini? Baik, ini ranselnya, mari kita masukkan semua kekuatiran kita. Apa saja kekuatiranmu? (Beri kesempatan anak menyampaikan jawabannya. Setiap kali anak menyebut satu kekuatirannya, pendamping memasukkan satu benda ke dalam ransel). Ya, kita kuatir akan sakit (masukkan satu benda), kita kuatir akan tinggal kelas (masukkan satu benda), kita kuatir akan diejek teman (masukkan satu benda), dll. (Isi ransel jangan terlalu banyak, supaya anak tidak keberatan). Wow, banyak sekali kekuatiran yang membebani kita. Bagaimana perasaan kalian dengan beban kekuatiran ini? (Beri kesempatan pada anak yang menjadi sukarelawan untuk menjawab apa yang dirasakannya). Ya, pasti berat dan sulit untuk berdiri atau bergerak...

Adik-adik, walaupun kekuatiran tidak persis sama dengan barang-barang yang ada di dalam ransel ini, tetapi kekuatiran selalu menjadi beban yang menekan. Sekarang, marilah kita serahkan segala kekuatiran kita kepada Yesus.


Bahan kreativitas:

Pola kepala bagian depan 

Pola kepala bagian belakang 

Print gambar kedua pola kepala di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, gunting sesuai polanya, beri warna agar menarik, kemudian tempelkan sepasang manik-manik berbentuk mata, jangan lupa untuk menggambar mulutnya yaa dengan menggunakan pensil warna atau spidol, kemudian tempelkan kedua pola kepala tersebut ke stik es krim atau sedotan sebagai pegangan (lihat contoh jadinya di atas).

Print ayat emas di bawah ini di kertas berukuran A4, gunting, beri warna lalu lubangi bagian atasnya, kemudian satukan dengan pola kepala diatas dengan menggunakan tali yang berwarna warni (lihat contoh jadinya)

Tuhan Yesus memberkati ^_^

Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun A oleh Kak Tan Mariam, DKK
http://www.sheknows.com/parenting/slideshow/680/printable-games-activities/create-the-face



Comments