Tahun A~Hari Minggu Biasa VI~Menaati peraturan~Matius 5:17-37

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Matius 5:17-37)

Adik-adik, pernahkah kalian melihat lampu lalu lintas yang ada di perempatan jalan?
Untuk apa sih lampu lalu lintas tersebut? (tunggu jawaban adik-adik)

Iya, lampu lalu lintas tersebut menandakan kapan kendaraan harus berjalan dan berhenti secara bergantian dari berbagai arah.


Coba, tebak ada berapa warna yaa di lampu lalu lintas itu?
(tunggu jawaban adik-adik).
Iya ternyata ada 3 warna yaa di lampu lalu lintas itu.

Lampu lalu lintas tersebut di pakai di hampir semua kota di dunia ini. Lampu lalu lintas menggunakan 3 warna yang diakui secara *universal; untuk menandakan berhenti adalah warna merah, hati-hati yang ditandai dengan warna kuning, dan hijau yang berarti dapat berjalan.

Wah, kalian tahu juga ya arti dari ketiga warna lampu lalu lintas itu, ya.

Tapi, kakak pernah melihat ada seseorang yang naik motor lalu dia tidak berhenti padahal lampu merah sedang menyala, dan kalian tahu apa yang terjadi? (biarkan anak-anak menjawab).
Iya, terjadilah kecelakaan, aduhh..berbahaya sekali ya, itulah akibatnya jika orang melanggar peraturan di jalan.

Adik-adik, ternyata berkendara dijalan itu banyak aturannya ya.
Di sekolah kalian, pasti juga banyak peraturan yang diterapkan ya, contohnya apa coba? (biarkan anak-anak menjawab).
Dan di bina iman ini ternyata juga ada peraturan atau tata tertib yang harus kalian taati, ya. (pendamping sambil memperlihatkan tata tertib yang ada di ruang bina iman). 

Di gereja kita juga ada aturan lho, misalnya saat adik-adik berada di dalam gereja, kalian dilarang untuk makan dan minum apalagi bermain ya, wahh..jangan sampai seperti itu ya...
Saat berada didalam Gereja, sikap kalian harus tenang dan berdoa dengan baik, karena ada Yesus yang hadir didalam Gereja ya. 

Nah, Injil hari ini berbicara tentang aturan yang di sampaikan oleh Yesus supaya hidup kita menjadi lebih baik dan selamat hingga akhirnya bisa masuk ke Kerajaan Surga. 
Yesus mengatakan juga: “Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.” (Ayat 37).
Wah, apakah arti dari perkataan Yesus itu ya? (tanyakan kepada adik-adik).

Hmm..adik-adik, kemarin kakak melihat ada bolpen yang terjatuh di ruang bina iman ini, wah..bolpen siapa ini ya? Pikir kakak, tidak ada yang merasa kehilangan bolpen ini, hmm..mau kakak ambil atau tidak ya? (ada pergulatan dalam batin kakak).

Kalau kakak ambil dan bawa pulang bolpen ini tanpa sepengetahuan pemiliknya, berarti kakak juga mencuri donk ya..dan itu berarti kakak melanggar perintah Tuhan yang ada di dalam Kitab Suci, yaitu jangan mencuri.

Tapi, akhirnya  kakak putuskan untuk tidak mengambil bolpen itu dan kakak mengembalikan ke pemiliknya dengan cara menanyakan kepada semua orang yang ada di ruang bina iman ini, dan itu berarti kakak mengikuti perintah Tuhan ya. Tidak melanggar.

Adik-adik, aturan itu dibuat supaya hidup kita selamat di dunia dan di surga juga hubungan kita baik dengan orang lain.
Kalau kita tidak mengikuti perintah Tuhan, maka hidup kita tidak selamat. Iblis selalu menggoda hidup kita ya, iblis senang dengan anak-anak Tuhan yang tidak mematuhi perintah-Nya.

Sekarang, adik-adik mau selamat ikut Yesus atau mau menderita ikut iblis?

Bahan kreativitas:
Membuat gambar lampu lalu lintas




Print pola gambar lampu lalu lintas di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, gunting sesuai polanya, kemudian beri warna agar menarik, setelah itu tempel sedotan dibagian belakangnya sebagai pegangannya dengan menggunakan double tape (lem 2 sisi), jangan lupa juga dibagian bawah lampunya diberi lubang untuk menggantung gambar Yesusnya, lihat contoh jadinya

Print gambar Yesus dan ayat emas dibawah ini di kertas tebal berukuran A4, gunting sesuai pola, beri warna agar menarik, kemudian gantung gambar Yesus pada pola lampu diatas, dan tempelkan ayat emasnya di bagian belakang lampu lalu lintasnya, lihat contoh jadinya
Bagian belakang kreativitasnya 


Selamat berkreasi!
Tuhan Yesus memberkati ^_^



*universal artinya berlaku untuk semua orang atau untuk seluruh dunia (http://kbbi.web.id/universal)


Source:
Thanks to Romo Yosep, MSF



Comments