Tahun A~Hari Minggu Prapaskah I~Melawan godaan setan~Matius 4:1-11

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Matius 4:1-11)

Adik-adik, siapa di antara kalian yang tahu bagaimana bermain "Simon Berkata?"
Permainannya begini. Jika kakak menyampaikan perintah yang diawali dengan kata : "Simon berkata ........", kalian harus melakukannya, tetapi bila kakak menyampaikan perintah tanpa didahului kata: "Simon berkata ......", kalian jangan melakukannya. Apakah kalian siap untuk bermain sekarang? OK, sekarang kita mulai.
Simon berkata: "Angkat tanganmu."
Simon berkata: "Angkat tanganmu yang sebelah lagi."
"OK, letakkan tanganmu ke bawah." Oww.. kakak melihat beberapa dari kalian melakukannya. Apakah Simon berkata: "Letakkan tanganmu ke bawah?" Tidak. Baik, sekarang kita coba lagi. 
Simon berkata: "Letakkan tanganmu ke bawah."
Simon berkata: "Angkat sikumu."
Simon berkata: "Tepuk tangan."
"Pegang hidungmu!" Oops! Kakak melihat beberapa dari kalian melakukannya lagi.
OK, sekarang kita coba sekali lagi.
Simon berkata: "Pegang hidungmu."
"Tarik kupingmu!Ooohh..kalian mengerti permainannya sekarang? OK.

Dalam permainan Simon  berkata, kalian melakukan apa yang Simon katakan untuk dilakukan, tetapi dalam kehidupan nyata kalian harus melakukan apa yang Kitab Suci katakan. Apakah kalian tahu bahwa Setan akan mencoba mengelabui kalian untuk melakukan apa yang  ia ingin kalian lakukan?

Kitab Suci mengatakan: "Jangan kamu mencuri." Tetapi bila kalian pergi ke toko untuk membeli sesuatu dan kasir memberi uang kembalian terlalu banyak, Setan akan berusaha agar kalian menahan itu. Ia akan berkata: "Ini bukan mencuri." Tetapi bila kita mengambil sesuatu yang bukan milik kita, itu adalah mencuri. Bukankah begitu?

Kitab Suci mengatakan: "Cintailah musuhmu." Tetapi bila seseorang melukai kalian, Setan akan mengatakan: "Balas, sakiti ia, bagaimanapun juga ia yang melukai lebih dulu."

Kitab Suci mengatakan: "Jangan kamu berbohong." Tetapi bila kalian tidak sengaja memecahkan pot bunga ibumu dan ia bertanya apakah kalian tahu kenapa pot ini pecah, Setan akan berkata: "Jangan bilang yang benar, sebab kalau kamu mengatakannya, hal itu akan mendatangkan masalah bagimu."

Adik-adik, apakah kalian tahu bahwa Setan bahkan mencobai Yesus untuk melakukan hal-hal yang salah? Ketika Iblis mencobai-Nya, apakah kalian tahu apakah yang Yesus lakukan? Yesus menjawab Iblis dengan kutipan Kitab Suci. Inilah cara yang baik untuk mengalahkan Setan. Bacalah Kitab Suci dan lakukan apa yang dikatakan Kitab Suci untuk kalian lakukan, bukan  yang dikatakan Setan untuk kalian lakukan.

Bahan kreativitas:
Membuat cerita bergambar "Yesus dicobai"

Bahan kreativitas bagian depan, bahan tersebut berisi cerita tentang Yesus yang dicobai oleh Iblis


3 gambar yang berisi potongan cerita sesuai dengan Injilnya

3 gambar yang berisi potongan cerita sesuai dengan Injilnya (gambar sesudah dilipat)

Beri lem di bagian belakang lipatannya kemudian tempelkan ke pola gambar utamanya

 Pola gambar utama

Print pola gambar utama dibawah ini dikertas tebal berukuran A4, lalu beri warna agar menarik 
(lihat contoh jadinya)

Print 3 gambar kotak dibawah ini dikertas berukuran A4, gunting sesuai garis, lalu lipat menjadi 2, kemudian tempelkan ke pola gambar utama sesuai kotaknya (harus sesuai urutan ceritanya Injilnya), lihat contoh jadinya

Tuhan Yesus memberkati ^_^



Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun A oleh Kak Tan Mariam, DKK.
http://cdn.www.ministry-to-children.com/wp-content/uploads/2010/10/Jesus-temptation-coloring-page.pdf




Comments