Tahun A~Hari Minggu Prapaskah IV~Pujian bagi Tuhan~Yohanes 9:1-41

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Yohanes 9:1-41)

Adik-adik, musik selalu menjadi bagian yang penting dari hidup banyak orang. Kakak juga suka macam-macam musik, tetapi musik yang paling kakak sukai adalah nyanyian tentang Yesus. Hari ini kakak bawa buku nyanyian dan kakak telah tandai beberapa lagu yang kakak suka.

Inilah salah satu lagu favorit kakak : "Pujian Kepada-Mu Tuhan". Lagu lain yang kakak sukai adalah: "Tiap Langkahku".

Ada seorang pengarang lagu bernama Fanny Crosby. Ketika Fanny baru berusia enam minggu, matanya terkena infeksi. Dokter yang biasa merawatnya sedang tidak di tempat dan seorang dokter pengganti telah salah memberi obat. Dalam waktu singkat, ia menjadi buta. Jika hal itu terjadi pada kita, kita mungkin akan takut, sangat menderita dan memakai seluruh waktu kita untuk mengasihani diri sendiri. Tetapi tidak demikian dengan Fanny. Fanny tidak merasa menderita dan ia tidak pernah mengasihani diri sendiri. Ketika usianya baru delapan tahun, ia menulis puisi ini:

Oh, betapa aku ini anak yang berbahagia, 
walaupun aku tidak dapat melihat.
Aku memutuskan, bahwa di dalam dunia ini,
aku harus bahagia.
Betapa banyak berkat yang aku nikmati, 
yang orang lain tidak nikmati.
Untuk menangis dan mengeluh karena aku buta,
aku tidak dapat dan tidak ingin!

Daripada menderita dan mengasihani diri sendiri, Fanny menggunakan bakat yang Tuhan berikan padanya untuk menulis lebih dari 8.000 lagu dan puisi. Semuanya bertemakan tentang memuji dan memuliakan Tuhan.

Suatu hari Yesus berjalan dengan para murid-Nya dan mereka melihat orang buta. Para murid bertanya kepada Yesus, siapa yang bersalah sehingga orang itu buta. Apakah itu karena dosanya atau dosa orang tuanya? Yesus menjawab bahwa tidak seorangpun bersalah, tetapi ia buta supaya pekerjaan Tuhan dinyatakan dalam dirinya. Kemudian Yesus menyembuhkan orang itu dan orang-orang memuji Tuhan karena kebaikan-Nya.

Bagaimana dengan Fanny Crosby? Tuhan tidak menyembuhkan kebutaannya. Mungkin bila Tuhan menyembuhkannya, ia malah tidak pernah menulis semua lagu-lagu indah itu dan dunia tidak pernah tahu tentang Fanny Crosby. Ia menggunakan tragedi kebutaannya untuk memuliakan Tuhan. Kita berdoa agar tragedi tidak akan datang ke dalam hidup kita, tetapi bila itu terjadi, ingatlah bahwa segala sesuatu yang terjadi dapat digunakan untuk memuji dan memuliakan Tuhan!

Bahan kreativitas:
Membuat gambar "Orang buta yang disembuhkan Yesus"
(mata orang itu tidak bisa melihat)

(setelah Yesus menjamahnya, melihatlah ia)

Setelah di beri warna, lubangi di bagian mata dan mulutnya

Kemudian tempelkan kertas seperti contoh berikut ini, agar gambar mulut dan matanya bisa digerakkan (lihat contoh jadinya) jangan lupa untuk memberi warna gelap untuk menunjukkan bahwa mata orang itu buta

Berikut video tentang bahan kreativitasnya:

Print pola gambar di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, beri warna agar menarik kemudian lipat menjadi 2 bagian, gambar di bawah ini berbentuk vertical (lihat contoh jadinya di atas)

Print pola gambar mata dan mulut di bawah ini di kertas berukuran A4, kemudian lipat menjadi 2 bagian, kemudian tempelkan ke bagian belakang pola gambar di atas (pola gambar di bawah ini berbentuk horizontal)






Tuhan Yesus memberkati ^__^




Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun A oleh Kak Tan Mariam, DKK.
http://www.biblesongsandmore.com/2013/07/20/miracles-of-jesus-pop-up-book/



Comments