Tahun A~Hari Minggu Paskah V~Hari Minggu Paskah V~Yesus adalah jalan yang benar~Yohanes 14:1-12

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Yohanes 14:1-12)

Adik-adik, bila kita mau mengadakan perjalanan, kita harus tahu ke mana akan pergi dan bagaimana caranya sampai ke tempat itu. Kakak membawa dua alat yang bisa digunakan untuk menemukan arah perjalanan. Kakak punya peta dan kompas.

Kakak yakin, kalian pernah melihat peta, tetapi mungkin tidak semua pernah melihat kompas. Peta akan menunjukkan ke mana kita harus pergi, sedangkan kompas akan menunjukkan arah yang benar. Kompas dapat menunjukkan apakah kita berjalan ke utara, selatan, timur atau barat.

Ketika kita mencari-cari jalan yang harus kita tempuh dalam perjalanan hidup, kita memerlukan beberapa bantuan untuk menemukan jalan yang benar. Bukankah demikian? Setiap hari kita harus menentukan keputusan dan kadang sulit untuk mengetahui jalan mana yang harus kita ambil.

Adik-adik, ada sebagian orang yang menggunakan perasaannya untuk membuat keputusan. Mereka mengatakan: "Saya melakukan ini karena merasa sepertinya ini yang harus saya lakukan." Itu tidak baik, sebab perasaan bisa berubah dari hari ke hari. Juga bila kita merasa cocok dengan sesuatu, itu tidak selalu berarti yang pasti benar dan harus dilakukan.

Ada lagi orang yang membuat pilihan berdasarkan apa yang sedang "ngetrend". Itu juga tidak baik, sebab perasaan bisa berubah dari hari ke hari. Juga bila kita merasa cocok dengan sesuatu, itu tidak selalu berarti yang pasti benar dan harus dilakukan.

Ada lagi orang yang membuat pilihan berdasarkan apa yang sedang "ngetrend". Itu juga tidak baik, sebab sekalipun setiap orang melakukan hal yang sama, tidak selalu berarti yang ngetrend pasti baik untuk dilakukan. Di samping itu, besok atau lusa, setiap orang mungkin akan melakukan yang lain lagi.

Adik-adik, hanya ada satu cara untuk mengetahui bahwa kita berjalan pada arah yang benar, yaitu mengikuti Yesus. Yesus mengatakan: "Akulah jalan, kebenaran dan hidup. Tidak seorangpun dapat sampai kepada Bapa jika tidak melalui Aku."

Baiklah, kita tahu ke mana kita akan pergi. Kita akan pergi ke Surga dan sekarang kita tahu jalannya. Yesus adalah jalan. Bila kita mengikuti-Nya, kita ada di jalan yang benar dan dipimpin ke arah yang benar.
Bahan kreativitas:


Gambar tanda panah yang sudah diwarnai dan digunting

Tempelkan kertas dibagian belakang kertasnya untuk pegangan gambar tersebut



Print gambar di bawah ini di kertas berukuran A4, beri warna agar menarik, kemudian cutter di bagian jalannya (sebelumnya adik-adik gambar jalurnya yang benar terlebih dahulu dengan menggunakan pensil)



Print gambar tanda panah di bawah ini, kemudian tempelkan kertas di bagian belakang gambarnya untuk pegangan, agar tanda panahnya bisa digerakkan, kemudian letakkan gambar panah tersebut ke gambar di atas sesuai dengan jalurnya (gambar tanda panah tersebut harus bisa digerakkan mengikuti jalurnya, lihat contoh jadinya)

Tuhan Yesus memberkati!



Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun A oleh Kak Tan Mariam, DKK.
http://www.sermons4kids.com/finding_the_way_maze.gif, https://www.google.co.id/

Comments