Tahun A~Hari Minggu Biasa XX~Duduk di bawah kaki Yesus~Matius 15:21-28

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Matius 15:21-28)


Adik-adik, apakah kalian mempunyai anjing? Kalian beri makan apa? (Beri kesempatan adik-adik untuk menjawab). Ya..ada yang memberi makanan anjingnya dengan makanan kemasan dalam kaleng atau dengan makanan kering. Nah, apakah ada yang memberi makanan anjingnya dengan sisa-sisa makanan dari meja makan sewaktu kalian makan? 

Banyak peternak anjing yang menganjurkan agar tidak memberi makan anjing dengan sisa-sisa makanan dari meja makan sewaktu orang makan. Mengapa? Karena kita tidak memberi makanan yang sebenarnya dibutuhkan oleh anjing dan sisa makanan itu memang tidak diperuntukkan baginya. Ya... bisa jadi sisa makanan itu tidak diperuntukkan baginya, tetapi coba lihat, anjing kita sering duduk dengan mata terus menatap kita, setia menunggu dan berharap ada sisa-sisa makanan terjatuh untuknya. Cocok ya dengan gambaran dalam bacaan Kitab Suci hari ini.

Yesus datang ke dunia untuk mengajar dan menasehati, pertama-tama kepada orang-orang Yahudi. Ini bukan berarti bahwa Yesus tidak mengasihi orang-orang lain, tetapi prioritas pengajaran-Nya untuk membawa orang-orang pilihan Allah kepada pertobatan.

Pada suatu hari, seorang wanita dari Kanaan datang kepada Yesus. Ia minta agar Yesus mau menyembuhkan anak perempuannya. Yesus menanggapinya dengan mengatakan bahwa tugas utama-Nya di dunia untuk mengajar orang-orang Israel.

Perempuan itu tidak mau menyerah, bahkan datang mendekat, bersujud dan memohon: "Tolonglah aku, Tuhan!"

Yesus menjawab : "Tidak pantas mengambil roti yang diperuntukkan untuk anak-anak lalu memberikannya kepada anjing."

Jawab perempuan itu: "Tuhan, itu benar, tetapi anjing juga mendapat remah-remah dari meja tuannya."

Yesus sangat tersentuh dengan iman perempuan itu. Maka, Ia mengatakan kepadanya bahwa karena imannya, anaknya akan sembuh.

Adik-adik, walaupun Yesus pertama-tama datang untuk orang-orang Yahudi, tetapi Ia juga sangat mengasihi kita. Kakak kira, kita bagaikan anjing itu. Meskipun makanan itu tidak diperuntukkan bagi kita, tetapi dengan gembira kita mau duduk setia menunggu di kaki Yesus dan bersyukur kalau boleh menerima remah-remah dari berkat-Nya.

Bahan Kreativitas



Print gambar di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, beri warna agar menarik, lubangi di bagian bertanda "X", tempelkan plastik sampul warna-warni, kemudian lipat gambar menjadi dua bagian (lihat contoh di atas)



Print gambar di bawah ini di kertas A4, gunting sesuai pola, beri warna agar menarik, kemudian tempelkan ke pola gambar di atas dengan menggunakan sedotan di bagian belakang gambar (agar membentuk gambar tiga dimensi). Lihat contoh.

Print ayat emas di bawah ini, gunting sesuai garisnya beri warna agar menarik, dan kemudian tempelkan pada bagian gambar pola di atas. (Lihat contoh jadinya). 
Source:
Buku "Aku Sahabat Yesus Tahun A", oleh Kak Tan Mariam, DKK



Comments