Tahun B~Hari Minggu Advent I~Menunggu kelahiran Yesus~Markus 13:33-37

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Markus 13:33-37)

Adik-adik, hari ini adalah awal dari saat yang paling mendebarkan sepanjang tahun. Hari ini kita mulai mempersiapkan hari raya kelahiran Yesus. Kakak selalu menantilan saat itu beserta lagu-lagu indah, lampu-lampu gemerlapan, dan dekorasi meriah Natal. Di manapun kita merayakan Natal, dekorasi yang selalu ada adalah bintang-bintang. Alasannya, karena bintang merupakan tanda yang sangat penting dalam Natal pertama.

Kakak yakin adik-adik pasti tahu cerita tentang orang-orang bijak. Orang-orang bijak yang disebut orang-orang Majus itu melihat sebuah bintang dan mengikutinya untuk menemukan Yesus.

Setiap malam orang-orang Majus itu mempelajari bintang dan planet-planet lainnya. Mereka menunggu tanda-tanda yang muncul untuk memperkirakan datangnya peimpin agung. Kakak terus bertanya-tanya, mengapa mereka pilih memperhatikan bintang itu? Mungkin mereka berkata pada diri sendiri, "Hei, bintang itu bersinar sangat terang! Mengapa kita tidak mengikutinya dan membiarkan diri kemana bintang itu membawa kita?" Ah, kakak kira tidak. Para nabi telah menubuatkan tentang bintang itu beratus-ratus tahun sebelumnya. Mereka telah mengatakan kapan dan di mana bintang itu akan muncul. Bintang itu akan menyatakan kelahiran Mesias. Maka, ketika orang-orang bijak melihat bintang itu mereka tahu kemana bintangitu akan membawa mereka.

Adik-adik, jika cerita Natal berakhir dengan sang bintang yang membawa orang-orang bijak kepada Yesus, tentu tidak akan membawa pengharapan bagi kita. Pasti ceritanya tidak berakhir di situ. Injil menceritakan bahwa Yesus yang dilahirkan di sebuah palungan itu akan datang kembali. Ketika Yesus datang kembali, Ia akan membawa kita tinggal di dalam surga. Nah,... itulah pesan yang penuh dengan pengharapan. Itulah yang sebenarnya akan terjadi dengan Natal. Ketika prang-orang bijak memperhatikan dan menunggu bintang yang akan membawa mereka kepada Yesus, kita memperhatikan dan menunggu kedatangan-Nya kembali.

Bahan kreativitas:
Membuat lingkaran Advent 





Print semua gambar di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, gunting sesuai pola, beri warna agar menarik, kemudian buat lingkaran advent seperti contoh di atas 


Print gambar daun dibawah ini di kertas tebal berukuran A4, gunting sesuai pola, beri warna agar menarik kemudian tempelkan ke gambar di atas

Print gambar lilin di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, gunting sesuai pola, beri warna agar menarik kemudian tempelkan ke gambar lingkaran di atas

 Print ayat emas dan gambar 3 lingkaran di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, beri warna agar menarik, kemudian tempelkan pada gambar di atas (lihat contoh jadinya).



Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun B oleh Kak Tan Mariam, DKK.





Comments