Tahun B~Hari Minggu Advent II~Menyiapkan hati~Markus 1:1-8

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Markus 1:1-8)


Adik-adik, Ibu saya adalah seorang ibu rumah tangga yang sangat baik. Kalian dapat datang ke rumah kami kapanpun dan kalian akan melihat semua barang selalu tertata rapi pada tempatnya. Tidak pernah ada tempat tidur yang belum dibereskan atau barang kotor di tempat cuci piring. Kalian tidak akan menemukan pakaian yang berserakan di lantai atau kaus kaki yang kotor di bawah tempat tidur. Semua selalu pada tempatnya.

Kakak masih ingat waktu ibu tahu kalau akan datang tamu. Ia keluarkan sapu, lap pel dan ember, busa, pembersih kaca, pembersih kamar mandi, kain lap dan pembersih perabot. Lalu ia panggil kakak dan kedua saudara perempuan kakak. Ia memberi tugas kepada kami masing-masing. Ketika tugas kami selesai, ibu memeriksa semua dan memastikan tidak ada noda atau debu yang tertinggal.

Nah, hari ini kakak mau membicarakan tentang seorang raja yang akan datang. Bukan hanya raja biasa, tetapi Raja dari segala raja.

Lama sebelum Yesus lahir, Nabi Yesaya telah bernubuat bahwa sebelum kelahiran-Nya akan ada seseorang yang menyiapkan jalan bagi-Nya. Namanya Yohanes. Ia seperti suara yang berseru-seru di padang gurun dan mengajak banyak orang untuk mempersiapkan jalan bagi Yesus.

Ketika Yohanes mengajak untuk bersiap-siap menyambut kedatangan Yesus, ia tidak membicarakan tentang rumah yang harus bersih. Ia berbicara tentang hati yang bersih. Ia meminta agar orang mengakui dosa-dosanya, bertobat dan dibaptis, sehingga siap menyambut kedatangan-Nya.

Injil mengatakan bahwa Yesus yang lahir pada hari Natal akan datang lagi. Kita harus bersiap-siap menyambut kedatangan-Nya kembali dengan selalu berbuat baik. Apakah kalian sudah siap menyambut kedatangan-Nya?

Bahan kreativitas:




Bagian belakang gambar Yohanes yang diberi sedotan agar tampak 3 dimensi (3D)

Print gambar di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, beri warna agar menarik, kemudian lipat menjadi dua bagian, lihat contoh jadinya


Print gambar Yohanes pembaptis di bawah ini di kertas berukuran A4, gunting sesuai pola, beri warna agar menarik, kemudian tempelkan ke gambar di atas (lihat contoh jadinya)

Print pola tulisan Injilnya di bawah ini, beri warna agar menarik, kemudian tempelkan pada gambar di atas (lihat contoh jadinya)




Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun B oleh Kak Tan Mariam, DKK.





Comments