Tahun B~Hari Minggu Biasa IV~Yesus mengajar dengan wibawa~Markus 1:21-28

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Markus 1:21-28)

Adik-adik, apakah kalian suka main game? (Beri kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pendapatnya). Kakak suka sekali menikmati kebersamaan dalam keluarga atau teman-teman dengan main game. Salah satu game yang kakak sukai adalah MONOPOLI. Siapa yang pernah main monopoli? Permainannya sangat sederhana, tetapi agar dapat memainkan dengan baik kalian harus membaca aturan mainnya terlebih dahulu.

Siapa yang membuat aturan main game tersebut? (Beri kesempatan kepada anak untuk menjawab). Ya, orang yang menciptakan permainan itulah yang membuat aturan mainnya. Aturan main dibuat demi kenyamanan semua orang yang main game itu. Jika seseorang tidak mengikuti aturan mainnya, maka permainan jadi tidak menyenangkan. Pernahkah kalian main game dengan orang yang tidak mau ikut aturan mainnya? Apakah kalian selalu ikut aturan main?

Dalam hidup kita, ada juga aturan main yang harus kita ikuti. Lihat, kakak membawa buku peraturan. Kitab Suci adalah buku peraturan yang harus kita ikuti. Siapa yang menulis aturan-aturan ini? (Beri kesempatan kepada anak untuk menjawab) Ya, benar! Tuhan menciptakan hidup dan Ia menulis aturan-aturan-Nya, sama seperti pencipta permainan membuat aturan mainnya demi menjamin kenyamanan setiap orang yang main gamenya; demikian Tuhan menulis aturan-aturan ini, agar manusia menikmati hidup sesuai dengan rencana-Nya.

Suatu hari Yesus masuk ke dalam Bait Allah dan mulai mengajar. Kitab Suci menceritakan bahwa orang-orang yang mendengarkannya menjadi takjub akan pengajaran-Nya. Yesus tidak seperti guru-guru pada umumnya. Ia mengajar seperti orang yang menguasai segala-galanya. Mengapa bisa demikian? Ya, sebab Yesus mengetahui segala peraturan itu. Yesus juga mempraktekkan aturan itu demi ketaatan-Nya kepada Bapa dan cinta-Nya terhadap umat manusia.

Adik-adik, Yesus adalah rupa manusia, yang turun ke dunia untuk mengajari kita bagaimana harus menjalani hidup. Tuhan membuat aturan dan menunjukkannya pada kita cara menjalankan aturan itu. Sekarang Ia menghendaki, agar kita mengikuti aturan-aturan itu, sehingga dapat menikmati kehidupan sesuai dengan rencana-Nya. 

Bahan kreativitas:



Print gambar di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, beri warna agar menarik, kemudian lipat menjadi 3 bagian (lihat contoh jadinya diatas).


Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun B oleh Kak Tan Mariam, DKK.
https://i.pinimg.com/736x/d5/8a/ec/d58aec4e741de27416bd2638bb54c4d6--sunday-school-activities-sunday-school-crafts.jpg
http://www.supercoloring.com/coloring-pages/jesus-drives-out-an-impure-spirit-mark-121-28?version=print
http://www.supercoloring.com/coloring-pages/jesus-heals-a-crippled-woman-on-the-sabbath-luke-1310-17


Comments