Tahun B~Hari Minggu Paskah IV~Gembala yang baik~Yoh 10:11-18

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Yohanes 10:11-18)

Adik-adik, siapa yang mempunyai hewan peliharaan? Banyak binatang dapat dijadikan hewan peliharaan yang baik. Umumnya kucing dan anjing, tetapi burung dan ikan pun cukup populer. Beberapa anak menyukai hamster sebagai hewan peliharaan mereka. Nah, jika kalian hidup di sebuah pedesaan dan mempunyai lahan yang luas, mungkin kalian dapat memiliki binatang peliharaan yang besar, seperti seekor kuda.

Jika kalian mempunyai seekor binatang peliharaan, itu berarti bahwa kalian punya tanggung jawab besar. Kalian harus mau merawatnya. Kalian harus memberinya makan dan memastikan bahwa binatang itu cukup minum. Kalian harus menjaganya tetap bersih dan membawanya ke dokter hewan jika binatang itu sakit. Kalian harus menaruhnya di tempat yang aman. Jika binatang itu berkeliaran dan tersesat, kalian harus pergi mencarinya dan membawanya pulang.

Adik-adik, ketika kita memelihara hewan peliharaan, kita diingatkan pada perkataan Yesus tentang diri-Nya, Ia berkata: "Akulah gembala yang baik." Seorang gembala bertugas memelihara dan merawat domba-dombanya. Domba-domba tidak dapat merawat dirinya sendiri. Mereka membutuhkan seseorang untuk melindungi dirinya dari bahaya. Yesus mengatakan bahwa Ia mengenal domba-domba-Nya dan domba-domba-Nya mengenal-Nya. Ia bahkan rela mengorbankan hidup-Nya untuk domba-domba-Nya. Pastilah Yesus sangat mencintai domba-domba-Nya.

Adik-adik, Yesus bukan berbicara tentang domba-domba sebagai domba yang sesungguhnya. Ia berbicara tentang kita. Kita adalah "domba-domba-Nya." Ia mengasihi kita, Ia merawat kita, Ia memastikan bahwa kita mendapatkan apa yang kita perlukan. Ia bahkan bersedia memberikan nyawa-Nya, agar kita dapat hidup selamanya bersama Dia di surga. Tidak ada yang perlu diragukan lagi. Yesus sangat, sangat mengasihi kita, domba-domba-Nya!

Bahan kreativitas:





Bahan kreativitas tampak belakang

Print gambar di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, lubangi di bagian garis putus-putusnya, beri warna agar menarik, jangan lupa tempelkan kertas pengait di bagian belakangnya dengan menggunakan kertas untuk meletakkan ketiga gambar di bawah ini  (lihat contoh jadinya).

Print gambar di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, gunting sesuai garisnya, beri warna agar menarik, lipat bagian yang bertanda 'X' kemudian satukan ketiga gambar tersebut menjadi 1, lihat contoh jadinya di atas




Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun B oleh Kak Tan Mariam, DKK.
https://id.pinterest.com/pin/15481192445345669/





Comments