Tahun B~Hari Minggu Paskah VII~Di dalam dunia, tetapi bukan dari dunia~Yohanes 17:11b-19

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Yohanes 17:11b-19)


Adik-adik, lihat, ada dua benda di dalam botol ini. Dapatkah kalian menebaknya? Ya, air berwarna dan minyak. Kita lihat bahwa minyak dan air di dalam botol ini keduanya terpisah satu sama lain. Sekarang perhatikan,  apa yang akan terjadi jika kakak kocok botol ini? Ya, air dan mniyak tampak menyatu.

Apakah minyak dan air ini benar-benar menyatu? Mari kita biarkan sebentar botol ini. Lihat, apa yang terjadi? Air dan minyak telah terpisah lagi. Ini menunjukkan kepada kita, jika keduanya kita satukan, mereka sebenarnya tidak mungkin dapat bersatu. Botol ini menjadi gambaran yang bagus untuk menunjukkan apa yang Yesus ingin kita lakukan di dunia ini.

Sebelum Yesus wafat, Ia berdoa untuk murid-murid-Nya. Ia berdoa agar mereka yang hidup di dunia ini tidak menjadi bagian dari dunia. Ia ingin agar mereka yang telah menerima talenta dari-Nya memberikan warna lain bagi dunia, sama seperti air yang menambahkan warna pada minyak. Tetapi seperti air yang tidak pernah bersatu dengan minyak, demikian juga Yesus tidak ingin mereka dinodai oleh dunia. Ia ingin mereka tetap menjadi orang yang diciptakan dan milik Tuhan. Ia ingin mereka mengenal kasih-Nya dan membagikannya kepada yang lain.

Adik-adik, doa Yesus itu juga untuk kita. Ia mengatakan, sama seperti Bapa yang telah mengirim-Nya ke dalam dunia, demikian juga Yesus mengirim kita ke dalam dunia. Kita harus hidup di dunia ini, tetapi Yesus telah memanggil kita untuk terpisah dari dunia. Sama seperti air berwarna ini yang terpisah dari minyak, demikian juga Yesus ingin agar kita terpisah dari dunia. Artinya, kita mesti terpisah dari dunia yang jahat, berani menentang dunia yang keras, jahat dan dosa. Kita harus hidup kudus sebab Allah itu kudus.
Bahan kreativitas:



Bahan kreativitas (tampak atas)




 Gunting bagian tengahnya tetapi jangan sampai habis 
(gunting dari bagian atas,lihat contoh dibawah ini)

 Gunting bagian tengahnya tetapi jangan sampai habis 
(guntingnya dari bagian bawah, lihat contoh jadinya dibawah ini)

Print gambar di bawah ini di kertas tebal berukuran A4 (pakai kertas yang agak tebal, agar bisa diletakkan dengan posisi berdiri di atas meja), lalu gunting sesuai polanya, beri warna agar menarik, lubangi di bagian garis putus-putusnya tersebut, lalu lipat menjadi 2 bagian (lihat contoh jadinya), jangan lupa gunting dari atas kebawah dibagian tengah gambarnya tapi jangan digunting sampai habis

Print gambar di bawah ini di kertas tebal berukuran A4 (pakai kertas yang agak tebal, agar bisa diletakkan dengan posisi berdiri di atas meja), lalu gunting sesuai polanya, beri warna agar menarik, lubangi di bagian garis putus-putusnya tersebut, lalu lipat menjadi 2 bagian (lihat contoh jadinya), jangan lupa gunting dari bawah ke atas dibagian tengah gambarnya tapi jangan digunting sampai habis




Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun B oleh Kak Tan Mariam, DKK.
http://clipart-library.com/clipart/1948985.htm






Comments