Tahun B~Hari Raya Pentakosta~Roh Kudus membimbing hidup kita~Yohanes 15:26-27; 16:12-15.

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Yohanes 15:26-27; 16:12-15)



Adik-adik, siapa tahu benda apa ini? Ya, ini adalah sarung angin. Sarung angin adalah sejenis layang-layang. Sarung angin ditemukan beberapa tahun silam di Jepang dan diterbangkan pada "Hari Anak Laki-laki". Setiap keluarga akan menggantung satu sarung angin untuk anak laki-lakinya pada ujung tiang di luar rumah dan membiarkannya tertiup angin.

Di mana kita dapat melihat sarung angin? Kalian mungkin pernah melihatnya di bandar udara. Sarung angin itu dipakai untuk menunjukkan arah angin bertiup. Dengan demikian seorang pilot dapat terbantu waktu mau terbang atau mendarat. Sarung angin juga dipakai untuk membantu perkiraan cuaca dan membimbing pilot mendaratkan pesawatnya.

Tidak seorangpun dapat melihat angin, tetapi kita bisa tahu bahwa ada angin, karena sarung angin yang menunjukkannya. Angin sangat penting bagi kita. Apa yang dapat dilakukan angin untuk membantu kita?

- Angin dapat memberi rasa sejuk saat kita kepanasan.
- Angin dapat membersihkan udara yang kita hirup dari asap rokok dan asap kendaraan.
- Angin dapat mengubah tenaga elektrik untuk menerangi rumah kita.

Adik-adik, hari ini Gereja merayakan hari besar yang disebut Hari Raya Pentakosta. Pada Hari Pentakosta, Tuhan mengutus Roh Kudus kepada Gereja. Kitab Suci menceritakan bahwa para murid sedang berkumpul bersama-sama di suatu tempat, ketika secara tiba-tiba ada suara yang keras seperti hembusan angin. Mereka melihat seperti lidah-lidah api hinggap pada mereka masing-masing dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus.

Roh Kudus Allah, kira-kira sama seperti angin. Kita tidak dapat melihat-Nya, tetapi kita tahu bahwa Ia ada, karena kita merasakan pengaruh kekuatan-Nya dalam hidup kita. Roh Kudus sangat penting untuk kita. Apa yang dapat dilakukan Roh Kudus untuk membantu kita?
- Roh Kudus menghibur kita saat kita sedih atau sendirian (Yoh 15:26)
- Roh Kudus membimbing kita dalam jalan kebenaran (Yoh 16:13)
- Roh Kudus menolong kita saat kita tidak tahu bagaimana berdoa (Rm 8:27)
- Roh Kudus hidup di dalam hati kita dan memberi kita hidup (Yeh 37:14)
- Roh Kudus menunjukkan hal-hal baik yang Tuhan berikan kepada kita (1 Kor 2:9-11).

Adik-adik, kita berterima kasih atas semua yang telah dilakukan angin untuk membantu kita. Kita harus lebih berterima kasih lagi atas semua yang telah dilakukan Roh Kudus untuk menolong kita setiap hari.

Bahan kreativitas: 
(tampak depan)

(bagian belakangnya)

Print gambar di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, gunting sesuai polanya, beri warna agar menarik, kemudian beri lubang di bagian gambar lidah api yang besarnya kemudian beri tali warna-warni untuk menggantungnya, untuk bacaan Injilnya tempelkan di bagian belakang gambarnya (lihat contoh jadinya diatas).



Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun B oleh Kak Tan Mariam, DKK.
https://ilgiliforum.com/damla-boyama-t108511.0.html



Comments