Tahun B~Hari Raya Tritunggal Maha Kudus~Satu Allah tetapi memiliki tiga pribadi~Matius 28:16-20

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Matius 28:16-20)


Adik-adik, apa yang kakak bawa ini? Ya, ini sebuah tape recorder, tetapi banyak orang menyebutnya kotak bom. Apakah ada yang memiliki kotak bom seperti ini? Kakak hanya memiliki satu kotak bom, tetapi satu perangkat ini mempunyai tiga fungsi sekaligus. Baik, kakak akan jelaskan maksudnya.

Kotak bom ini adalah sebuah radio. Kakak dapat membunyikannya dengan menekan tombol ini dan kita dapat mendengarkan radio. Kotak bom ini juga sebuah pemutar CD. Kakak dapat memasukkan sebuah CD, menekan tombol ini dan kita dapat mendengarkan CD. Kotak bom inipun sebuah pemutar kaset. Kakak dapat menaruh kaset di sini, lalu menekan tombol ini, dan kita dapat mendengarkan kaset. Kakak hanya memiliki satu kotak bom, tetapi benda ini adalah tiga kotak bom dalam satu perangkat.

Adik-adik, ada berapa Allah? (Beri kesempatan anak untuk menyampaikan pendapatnya). Ya, benar! Hanya ada satu Allah, tetapi Allah seperti kotak bom ini. Ia adalah satu Allah dalam tiga diri. Baik, kakak akan jelaskan maksudnya.

Pertama, Allah adalah Bapa. Kitab Suci mengatakan: "Hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu." Itulah sebabnya Yesus mengajarkan kepada para murid-Nya untuk berdoa demikian: "Bapa kami, yang ada di surga."

Kedua, Allah turun ke dunia dalam rupa manusia dengan mati disalib untuk menghapus dosa-dosa manusia. Yesus adalah Allah dalam rupa manusia. Ia mengatakan sendiri ketika berkata: "Bapa dan Aku adalah satu."

Akhirnya ketika Yesus mengatakan akan kembali ke surga kepada para murid-Nya, Ia memberitahukan bahwa Bapa akan mengutus seorang penghibur dan guru yang akan bersama dengan mereka selamanya. Itulah sebabnya Allah mengutus Roh Kudus kepada kita. Roh Kudus adalah Allah yang bersama-sama dengan kita saat ini.

Adik-adik, sama seperti hanya satu kotak bom yang memiliki tiga fungsi sekaligus, demikian juga hanya ada satu Allah, tetapi satu Allah dalam tiga diri, yaitu Bapa, Putera dan Roh Kudus.

Bahan kreativitas:










Print gambar di bawah ini di kertas berukuran A4, lalu beri warna agar menarik

Print gambar di bawah ini di kertas berukuran A4, gunting sesuai polanya, beri warna agar menarik, kemudian tempelkan ke gambar diatas (lihat contoh jadinya).



Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun B oleh Kak Tan Mariam, DKK.
https://catholicinspired.weebly.com/uploads/1/1/0/0/110088477/snowman_trintiy_notebook_activity.pdf













Comments