Tahun B~Hari Minggu Biasa X~Kita bersaudara~Markus 3:20-35

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Markus 3:20-35)


Adik-adik, siapa yang tahu artinya keluarga? (Anak-anak diberi kesempatan untuk menjawab).
Salah satu arti dari keluarga yang kakak temukan dalam kamus adalah: "Kelompok yang terdiri dari orang tua dan anak-anak yang hidup bersama dalam sebuah rumah tangga." Arti keluarga masih bisa lebih dari itu.
Keluarga juga dapat berarti kelompok yang terbentuk karena minat, kepercayaan dan kasih satu terhadap yang lain. Salah satu contoh dari jenis keluarga ini adalah Gereja. Gereja adalah keluarga yang dipersatukan oleh kasih akan Allah, Bapa Surgawi mereka dan kasih akan satu sama lain.

Dalam bacaan Kitab Suci hari ini, Yesus bersama dengan murid-murid-Nya sedang berada di sebuah rumah. Ketika ibu Yesus dan saudara-saudara-Nya sampai ke rumah itu, mereka menyuruh seseorang untuk masuk ke dalam rumah dan memberitahukan kepada-Nya. Ia mengatakan kepada Yesus: "Ibu dan saudara-saudara-Mu ada di luar mencari-Mu."

Yesus memandang orang-orang yang duduk di sekeliling-Nya dan menjawab: "Inilah ibu dan saudara-saudari-Ku! Barangsiapa melakukan kehendak Bapa, dialah saudara, saudari dan ibu-Ku."

Adik-adik, apakah Yesus tidak mengasihi ibu dan saudara-saudara kandung-Nya? Tidak. Tentu saja Yesus mengasihi mereka, tetapi Ia sadar bahwa Dia pun memiliki keluarga yang lain. Keluarga yang terbentuk dari orang-orang yang mencintai Bapa Surgawi-Nya dan yang ingin melakukan kehendak-Nya.

Kalian dan kakak mengasihi keluarga kita masing-masing, tetapi kita juga memiliki keluarga beriman yang terbentuk dari saudari-saudari atas dasar kasih akan Tuhan dan kasih satu sama lain. Sungguh indah dapat menjadi bagian dari "Keluarga Allah".

Bahan kreativitas:

Lipat kertas menjadi 2 bagian seperti dibawah ini 

Lalu gunting menjadi seperti yang ada di lingkaran di bawah ini 


Print gambar dibawah ini di kertas tebal berukuran A4, beri warna agar menarik, lalu lipat menjadi 2 bagian , kemudian gunting sedikit (seperti pada contoh di atas)


 Print gambar Yesus dibawah ini dikertas berukuran A4, beri warna agar menarik, gunting sesuai polanya kemudian tempelkan ke gambar diatas, maka akan menjadi pop up card 
(lihat contoh diatas)


Source:
Buku Aku Sahabat Yesus oleh Kak Tan Mariam, DKK.


Comments