Tahun B~Hari Minggu Biasa XXVI~Melayani Tuhan~Mrk. 9:38-43, 45, 47-48

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Mrk. 9:38-43, 45, 47-48)


Adik-adik, siapa yang menjadi anggota sebuah organisasi atau kelompok tertentu? Ada banyak organisasi atau kelompok di mana laki-laki dan perempuan dapat bergabung di dalamnya. Beberapa dari kalian mungkin menjadi anggota pramuka. Organisasi ini melatih agar orang memiliki pribadi yang baik dan sigap menolong orang lain. Sedangkan kelompok Legio Maria mengajarkan agar orang dapat mencintai dan melayani Yesus lebih baii.

Kalian mungkin juga anggota kelompok pecinta buku yang mendorong anak-anak agar cinta membaca. Kakak yakin, banyak di antara kalian yang menjadi anggota klub atau kelompok yang mendorong partisipasi dalam olah raga, seperti senam atau sepak bola. Klub-klub seperti itu kebanyakan mempunyai seragam, seperti topi, kaus atau sesuatu yang sama.

Para pengikut Yesus yang pertama pun termasuk dalam sebuah klub yang istimewa. Mereka ada dua belas orang dan selalu mengikuti Yesus. Mereka sangat senang menjadi bagian dari tim Yesus. Dalam nama Yesus mereka menyembuhkan orang-orang sakit dan mengajar mereka tentang Kerajaan Allah. Pada suatu hari para murid melihat seseorang yang bukan anggota kelompok mereka melakukan hal-hal baik dalam nama Yesus. Mungkin kalian berpikir bahwa mereka senang melihat orang lain melakukan hal-hal yang baik dalam nama Yesus. Rupanya, tidak begitu. Mereka minta agar orang lain itu berhenti melakukan perbuatan baik itu, karena orang itu bukan bagian dari kelompok istimewa mereka.

Para murid berpikir bahwa Yesus akan senang dengan tindakan mereka, sehingga mereka datang dan mengatakan kepada Yesus apa yang mereka telah lakukan. Ternyata Yesus tidak senang dengan tindakan mereka: "Jangan mencegah orang yang melakukan perbuatan-perbuatan baik di dalam nama-Ku. Tidak ada orang yang melakukan perbuatan-perbuatan baik di dalam nama-Ku, lalu seketika itu juga menghujat Aku. Barangsiapa tidak melawan kita, ada di pihak kita.

Adik-adik, memang baik menjadi anggota sebuah kelompok, terutama menjadi bagian dari keluarga Allah. Keluarga Allah itu sangat besar dan ada banyak kelompok berbeda-beda yang membentuk keluarga ini. Kapanpun kita melihat orang-orang melakukan hal-hal yang baik dalam nama Yesus, kita tidak boleh curiga. Kita harus bergembira dan bersukacita, karena jika mereka tidak melawan kita, mereka ada di pihak kita.
Bahan kreativitas:
Membuat kartu pop up 
(kartu tampak bagian dalam)

gunting pola kartunya menjadi seperti berikut, kemudian lipat kearah dalam, sehingga tampak seperti pada gambar diatas

gambar kartunya jika dilihat dari arah samping

gambar pola kartu jika dilihat dari arah atas


Print semua gambar di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, gunting sesuai pola, beri warna agar menarik kemudian tempelkan ke bagian atas pola kartu (lihat contoh jadinya)



Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun B oleh Kak Tan Mariam, DKK.
http://www.excelsiorumc.org/kool.html

Comments