Tahun B~Hari Minggu Biasa XXIX~Menjadi seperti Yesus~Mrk. 10:35-45 (Mrk. 10:42-45)

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Mrk. 10:35-45 (Mrk. 10:42-45))


Adik-adik, ketika kakak masih kecil, kakak suka sayap ayam sebagai menu makan malam terbaik. Setelah selesai makan, kakak dan adik kakak memegang tulang sayap itu dari bagian yang berbeda, sambil menutup mata dan membuat harapan. Kemudian kami menarik tulang sayap itu hingga putus. Siapapun yang mendapatkan bagian yang lebih besar, diperkirakan harapannya akan menjadi kenyataan.

Apakah kalian pernah berharap akan sesuatu? (Beri kesempatan anak untuk menjawab). Ya, pasti pernah punya harapan. Kadang-kadang kita pun membuat harapan tanpa berpikir apa yang akan terjadi kalau harapan itu menjadi kenyataan.

Apakah kalian pernah merencanakan piknik, lalu hujan? Mungkin kalian akan duduk dan memperhatikan hujan yang turun dan bergumam dalam hati: "Saya berharap tidak ada hujan di dunia." Apa yang akan terjadi bila harapan itu menjadi kenyataan? Kalau hujan itu sungguh-sungguh berhenti untuk SELAMANYA? Ya, tidak akan ada rumput, pepohonan dan bunga. Sungai, danau, aliran air akan mengering dan semua kehidupan akan mulai menghilang. Dunia ini akan menjadi tempat yang menyedihkan bila tidak ada hujan lagi.

Yakobus dan Yohanes adalah kakak beradik yang menjadi murid-murid Yesus. Pada suatu hari mereka berdua datang kepada Yesus dan berkata kepada-Nya: "Guru, kami ingin Engkau melakukan apapun yang kami minta."

Yesus menjawab: "Apa yang kamu inginkan Aku perbuat bagimu?"

"Di dalam Kerajaan-Mu kelak, perkenankanlah kami duduk di tempat terhormat di dekat-Mu, yang seorang di sebelah kiri-Mu dan yang seorang di sebelah kanan-Mu." Mereka pikir Yesus akan mempersiapkan kerajaan seperti kerajaan di dunia dan mereka ingin duduk di sebelah Yesus di singgasana. Mereka ingin berbagi dalam kemegahan.

Yesus menjawab mereka: "Kamu tidak tahu apa yang kamu minta." Kemudian Ia menjelaskan bahwa barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayan bagi semuanya. Yesus mengatakan, bahkan Anak Manusia datang ke dunia bukan untuk dilayani melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang. Yesus benar! Kakak berpikir, menjadi pelayan pasti bukanlah sesuatu yang diharapkan oleh Yakobus dan Yohanes.

Adik-adik, kadang-kadang kalian dan kakak mengatakan: "Saya harap saya dapat menjadi lebih menyerupai Yesus." Apakah itu sungguh-sungguh harapan kita? Bila kita sungguh-sungguh menginginkan harapan itu menjadi kenyataan, maka kita harus memberikan hidup kita untuk melayani orang lain.
Bahan kreativitas:


Print gambar di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, gunting sesuai pola gambarnya, beri warna agar menarik, tempelkan gambarnya ke bagian atas pola lingkaran dengan menggunakan sedotan di bagian belakang gambar agar tampak kesan 3D ( 3 dimensi) kemudian beri tali warna-warni untuk gantungannya


Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun B oleh Kak Tan Mariam, DKK.
https://www.costumepartyrun.com/galery/jesus-washes-the-disciples-feet-coloring-page.html





Comments