Tahun B~Hari Minggu Biasa XXXI~Hukum yang terbesar~Mrk. 12:28b-34

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Markus Mrk. 12:28b-34)


Adik-adik, kakak rasa kalian pernah membaca daftar peraturan seperti ini di sekolah. 
Pada suatu hari, kakak berjalan keliling sekolah dan di setiap kelas yang kakak masuki, terdaftar daftar peraturan tertempel di dinding. Kakak lihat ada perbedaan tipis, tetapi kebanyakan dari peraturan itu berbicara tentang hal yang sama. Peraturan-peraturan itu berbicara tentang himbauan untuk :
*Mendengarkan dengan baik
*Mengikuti petunjuk
*Mematuhi guru
*Bekerja dengan tenang
*Duduk yang sopan
*Ramah terhadap yang lain

Pertanyaannya adalah peraturan kelas mana yang penting? Menurut kakak, peraturan yang paling penting adalah hormat dan patuh kepada guru. Yang kedua yang mirip dengan itu adalah ramah dan bersikap hormat kepada sesama teman. Bila kita sudah mengikuti kedua aturan itu, yang lain tidak diperlukan lagi.

Para pemuka agama di zaman Yesus suka duduk dan berkumpul mendiskusikan hukum. Mereka suka menyampaikan pertanyaan kepada Yesus tentang hukum. Maksudnya, untuk memperdaya Yesus, agar mengatakan sesuatu yang akan membuat orang-orang berubah menentang Dia. Pada suatu hari mereka menanyai Yesus dan jawaban-Nya bagus sekali. Salah satu guru hukum agama berdiri untuk mendengarkan perdebatan. Ia sadar betul bahwa Yesus telah menjawab dengan baik, sehingga ia bertanya: "Dari semua perintah itu, manakah yang paling penting?"

Yesus mengatakan bahwa perintah yang paling penting adalah: "Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa. Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu. Yang kedua yang sama pentingnya dengan itu adalah: Kasihilah sesamamu seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum yang lebih utama dari kedua hukum itu."

Setelah mendengar jawaban Yesus itu, tidak ada seorangpun lagi yang berani mengajukan pertanyaan kepadan Yesus.

Adik-adik, betapa bijaksananya jawaban Yesus! Jika kita dapat melaksanakan kedua perintah itu, kita pun tidak akan mempunyai masalah dengan perintah-perintah lainnya.

Bahan kreativitas:


Print gambar di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, gunting sesuai pola hatinya, beri warna agar menarik, kemudian tempelkan pola gambar hati yang setengah ke bagian depan kartu (lihat contoh jadinya)

Print semua gambar di bawah ini, gunting sesuai pola, beri warna agar menarik, kemudian tempelkan ke bagian dalam kartu dengan menggunakan sedotan di bagian belakangnya agar tampak 3D (3 dimensi), lihat contoh jadinya diatas



Tuhan memberkati ^_^


Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun B oleh Kak Tan Mariam, DKK.
https://cdn.instructables.com/ORIG/F4M/P4OW/H1YONGUH/F4MP4OWH1YONGUH.pdf 
https://id.pinterest.com/pin/495255290268223465/
https://id.pinterest.com/pin/317222367494784589/
https://id.pinterest.com/pin/495396027755243773/




Comments