Tahun B~HARI RAYA TUHAN KITA YESUS KRISTUS RAJA SEMESTA ALAM~Kristus Raja hati kita~Yohanes 18:33b-37

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Yohanes 18:33b-37)


Adik-adik, lihat, apa ini? Ya, sebuah mahkota. Mahkota adalah simbol kekuasaan. Siapa yang biasanya mengenakan mahkota? Ya, betul! Seorang raja atau seorang ratu  mengenakan mahkota. Menjadi raja berbeda dengan menjadi presiden dalam suatu negara. Seorang raja sering diangkat berdasarkan keturunan, sedangkan presiden dipilih oleh rakyat.

Apakah kalian pernah melihat film "Simba, Si Raja Singa"? Sebagai seekor singa, Simba telah dilahirkan sebagai "Raja semua binatang". Dalam salah satu adegan film itu Simba menyanyikan lagu "Aku tak sabar lagi menunggu menjadi raja". Bila kalian pernah melihat film itu, ingatkah kalian alasannya mengapa Simba ingin sekali menjadi raja? Alasannya, karena ia tidak mau seorang pun mengatakan kepadanya apa yang harus ia lakukan. Ia tidak mau mendengar seorang berkata: "Lakukan ini!" atau "Hentikan itu". Ia ingin bebas melakukan apa saja menurut kehendaknya sepanjang waktu. 
Kecuali tidak ingin seorangpun menyuruh apa yang harus ia lakukan, Simba juga ingin menyuruh apa yang orang-orang lain harus lakukan. Dengarkan saja apa yang ia katakan: "Aku akan menjadi raja diraja, sehingga musuh-musuhku gentar. Aku akan tampil begitu gagah, sehingga tidak seorang raja pun ada yang segagah aku. Aku akan mulai lagi memandang rendah orang-orang lain. Aku akan bekerja atas dasar AUMAN-KU! Oh, aku tidak sabar lagi menunggu menjadi raja!"

Kakak rasa, Simba memiliki pikiran yang amat sempit tentang apa artinya menjadi raja. Peran yang sesungguhnya dari seorang raja adalah mengusahakan terpenuhinya kebutuhan rakyat. Seorang raja yang baik akan lebih memperhatikan rakyatnya daripada keinginan dirinya sendiri untuk dilayani. 

Pada hari-hari terakhir di dunia, Yesus ditangkap dan diadili. Ketika ditanya apakah Ia seorang raja, Yesus menjawab: "Engkau betul mengatakan Aku seorang raja. Memang, untuk itulah Aku dilahirkan, dan untuk itulah Aku datang ke dalam dunia ini." Ya, Yesus adalah seorang Raja, tetapi Ia tidak mau bebas berkeliling ke mana-mana dan melakukan sesuatu menurut kehendak-Nya sendiri. Ia hanya tertarik melaksanakan kehendakBapa-Nya. Ia dilahirkan untuk menjadi Raja, tetapi kerajaan-Nya tidak di dunia ini. Kerajaan-Nya di surga. Ia datang ke dunia untuk menyediakan jalan, agar kita bisa hidup bersama-Nya di surga.

Adik-adik, Yesus "tidak sabar untuk menjadi Raja kalian". Ia mengundang kalian untuk menikmati hidup kekal dalam Kerajaan Surgawi-Nya. Jika kalian belum menanggapi undangan-Nya, kakak berharap, hari ini juga kalian mau memahkotai-Nya sebagai Raja atas kalian.

Bahan kreativitas:
Membuat mahkota Kristus Raja Semesta Alam 


 Print pola gambar mahkota di bawah ini, di kertas tebal berukuran A4, gunting sesuai garisnya, beri warna agar menarik, tempelkan garis yang memanjang tersebut untuk memperpanjang mahkotanya agar cukup diletakkan di kepala anak-anak, kemudian bentuk menjadi mahkota, hias dengan menempelkan manik warna-warni (lihat contoh jadinya di atas)


Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun B oleh Kak Tan Mariam, DKK.
https://www.google.co.id/search?safe=strict&hl=en&biw=1277&bih=583&tbm=isch&sa=1&ei=emr1W7GXDpS_rQGW9ZLIDA&q=coloring+pages+Jesus+is+the+king+cliparts&oq=coloring+pages+Jesus+is+the+king+cliparts&gs_l=img.3...5851.8890..9119...1.0..0.342.2083.0j12j0j1......0....1..gws-wiz-img.10104WjT9h0#imgrc=Oso8awiKwcvO4M:



Comments