Lima roti dan dua ikan ~ Yohanes 6 : 1 - 15

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Yohanes 6 : 1 - 15)

Adik - adik, tadi pagi kakak merasa sangaattt laparr, lalu kakak mencoba membuat makanan dirumah.

Hmm,, kira - kira kakak membuat makanan apa ya, hayoo..tebak? (tunggu jawaban adik - adik)

Iya, kakak buat nasi goreng tadi pagi, karena kakak lapaarr sekali, jadi kakak memasak nasi goreng 2 piring sekaligus (wahh,,sepertinya kakak benar - benar sedang kelaparan ya, adik - adik he..he..he..)

Lalu, setelah nasi gorengnya jadi, kakak makan dengan lahap, tetapi setelah 1 piring habis, kakak mulai merasa kekenyangan, 'aduh, penuh sekali perut kakak rasanya.."


Sepertinya kakak sudah tidak sanggup untuk makan lagi dan menghabiskan sisanya itu. Lalu...bagaimana ya, apakah kakak boleh membuang sisa makanan tersebut, adik - adik? 

Kan tadi kakak sudah kenyang, jadi boleh tidak ya, kakak buang saja sisa makanannya itu. (tunggu jawaban adik - adik).

Iya,, sisa makanan tadi tidak boleh dibuang begitu saja ya, adik - adik. 

Tetapi, lebih baik diberikan ke orang lain yang membutuhkan makanan, atau disimpan terlebih dahulu kemudian dimakan lagi.
Hayoo.. kalian pernah seperti kakak tidak, pernah membuang makanan yang sisa kah?

Adik - adik, bacaan Kitab Suci hari ini mengisahkan saat Yesus dan murid - murid -Nya mempunyai sisa makanan. Kalian pasti tahu cerita ketika Yesus memberi makan 5000 orang.





Setelah Yesus mengajar orang banyak, hari sudah menjelang makan malam. Ia melihat orang banyak itu dan bertanya kepada Filipus : "Dimanakah kita akan membeli roti, supaya mereka ini dapat makan?" 

Lalu,kalian tahu tidak, kira - kira apa jawaban dari Filipus ya, adik - adik?

Apakah Filipus berkata: "Ah,,Tuhan, jangan bercanda!" (apakah Filipus menjawab seperti itu, adik - adik, tunggu jawaban adik - adik)

O..tentu saja Filipus tidak menjawab seperti itu, adik - adik.
Ternyata, Filipus menjawab: "Roti seharga dua ratus dinar tidak akan cukup untuk mereka ini, sekalipun masing - masing mendapat sepotong kecil saja. (ayat 7)

Tapi..Andreas murid Yesus yang lain berkata: "Disini ada seorang anak kecil yang mempunyai lima potong kecil roti dan dua ekor ikan kecil, tetapi tidak akan cukup untuk memberi makan semua orang yang ada disini."(ayat 9)


"Bawa itu kepada- Ku", kata Yesus. Kemudian Yesus mengucap syukur dan membagikannya kepa da orang banyak, demikian juga dibuat-Nya dengan ikan - ikan itu, sebanyak yang mereka kehendaki. (ayat 11)

Ketika mereka telah kenyang, Yesus berkata: "Kumpulkanlah sisanya, jangan ada yang dibuang." Mereka mengumpulkannya menjadi dua belas bakul, adik - adik.
Wah..masih banyak juga ya sisanya ^_^

Adik - adik, ada dua pelajaran penting yang bisa kita petik dari cerita ini. Kita semua harus belajar dari anak kecil itu. Ia tidak memiliki banyak, hanya lima potong kecil rotidan dua ekor ikan, tetapi ia mau membagikan apa yang ia punyai. Maka, Yesus menggunakannya untuk memberi makan orang banyak.


Pelajaran lainnya adalah Tuhan seringkali memberi kita lebih daripada yang kita butuhkan. Ketika hal itu terjadi, apa yang kita lakukan dengan sisanya? 

Yesus berkata kepada murid - murid - Ny, agar mengumpulkan sisa roti itu, sehingga tidak ada satupun yang terbuang. Mungkin murid - murid Yesus memberikan kepada orang lain lagi yang masih lapar ya, adik - adik.
Adik - adik, kita mungkin hanya punya sedikit. Mungkin kita juga telah diberi lebih dari apa yang kita butuhkan. Tuhan senang kalau kita mau berbagi dengan sesama.

Perutusan misioner :

Contoh : Saya mau membagi makanan yang saya miliki untuk teman - teman disekolah yang tidak membawa makanan.


Video animasi kisah 5 roti dan 2 ikan




Bahan kreatifitas :
Membuat gambar Yesus yang memberkati 5 roti dan 2 ikan



Bahan yang dibutuhkan: piring plastik (seperti contoh dibawah ini) dan sedotan untuk menempelkan gambar tersebut ke dalam piring plastik, agar ada efek timbul (lihat contoh diatas)


Gambar 5 roti dan 2 ikan
Print gambar tsb dikertas A4, sesuaikan ukuran gambar tsb dengan ukuran piring plastiknya terlebih dahulu, kemudian diprint, lalu gunting sesuai pola, lalu warnai dengan baik ya, lalu tempelkan dgn menggunakan double tape gambar - gambar tsb ke dalam piring plastik dengan menggunakan sedotan dibagian belakang (lihat contoh jadinya diatas)


Selamat membuat, adik - adik.
Tuhan Yesus memberkati ^_^

Source :
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun B oleh Kak Tan Mariam
http://craftingthewordofgod.com/2013/04/09/feeding-the-5000/
http://rockingrandmamusic.com/wp-content/uploads/2012/02/JesusArmsOut.jpg
http://www.mural-artworx.com/wall%20murals/Mexico5Loaves2Fish2.jpg
https://youtu.be/8LpKFgO6J-Y

Comments

  1. aduh sayang tulisannya ga keliatan jelas karena pakai font warna kuning. lain kali pakai font warna hitam jadi bisa dibaca ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya hitamkan kak, mohon maaf itu berubah karena settingan backgroundnya kemarin. Terima kasih atas koreksinya ya.
      Tuhan memberkati.

      Delete

Post a Comment