Tahun C, Hari Minggu Advent I ~ Luk. 21:25 - 28, 34 - 36 (Yesus datang lagi)

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Lukas 21:25 - 28, 34 - 36)

Adik - adik, ada yang pernah melihat lampu apakah ini? (pendamping memperlihatkan gambar lampu lalu lintas seperti digambar yang ada dibawah ini)


Adik - adik, tahukan kalian arti dari ketiga warna lampu lalu lintas itu? (tunggu jawaban adik - adik)

Iya...lampu yang berwarna merah itu artinya setiap pengendara kendaraan bermotor harus berhenti, lalu yang berwarna hijau itu artinya setiap pengendara kendaraan bermotor harus kembali jalan, sedangkan yang berwarna kuning itu artinya setiap pengendara kendaraan bermotor harus bersiap - siap untuk berhenti.

Adik - adik, hari ini adalah hari Minggu advent yang pertama. Masa Advent adalah masa penantian akan datangnya Tuhan dan persiapan untuk menyambut hari Natal. Banyak hal yang dapat orang lakukan untuk bersiap - siap menyambut Natal.
Nah, apa saja yang dapat kita lakukan untuk mempersiapkan Natal?

Kita dapat membuat pohon Natal, lampu - lampunya dan hiasannya. Kita dapat menulis kartu Natal dan mengirimnya lewat pos. Dan kita bisa membuat lingkaran Advent yang didalamnya terpasang 4 buah lilin Advent, dan setiap minggunya kita nyalakan lilinnya sambil berdoa agar kita bisa siap menyambut Natal dengan sukacita.

Sambil kita bersiap - siap dalam menyambut Natal, ada satu hal lain yang harus kita persiapkan. Yesus berjanji akan datang kembali. Maka kita harus berjaga - jaga dan bersiap - siap menyambut kedatangan-Nya. Tetapi kapan Yesus akan datang? Injil mengatakan bahwa tidak seorangpun tahu kapan Ia akan datang. Bahkan para malaikat yang mengumumkan kelahiran-Nya juga tidak tahu kapan Yesus akan datang.
Jika kita tidak tahu kapan Yesus akan datang, lalu bagaimana kita harus bersiap - siap? Untuk menyambut kedatangan-Nya, kita dapat bersiap - siap dengan selalu melakukan hal - hal yang telah Yesus ajarkan. Kita harus selalu mencintai Allah dan sesama kita ya, adik - adik.

Bersiap - siap menyambut Natal memang menyenangkan, tetapi jangan lupa bahwa kita harus selalu bersiap - siap menyambut kedatangan Yesus dengan melakukan ajaran-Nya yaa..

Perutusan misioner :
Contoh: Saya akan membantu mama dan papa membuat lingkaran Advent kemudian mengajak mama dan papa berdoa bersama dengan menyalakan satu lilin Advent setiap minggunya sampai hari Natal itu tiba.


Bahan kreatifitas :
Membuat Lingkaran Advent yang didalamnya terdapat 4 lilin Advent

Lilin Advent untuk minggu ketiga berwarna pink
(gambar - gambar yang sudah dipotong sesuai dengan polanya, gambar lidah api dan lilin dipotong terpisah, lihat gambar dibawah ini)

Print gambar dibawah ini dikertas tebal berukuran A4, gunting sesuai pola, jangan lupa dibagian tengahnya juga digunting mengikuti polanya, kemudian beri warna agar menarik, dan lubangi gambar lingkaran Advent dibawah ini kemudian beri tali agar hiasan tersebut bisa digantungkan ke dinding


Print gambar lilin dan lidah api dibawah ini dikertas tebal berukuran A4, gunting mengikuti pola, beri warna yang menarik, lalu jangan lupa tempel lidah api diatas lilinnya (pendamping bisa menempel lidah api pertama diatas lilin yang kesatu, sebagai simbol minggu ini adalah minggu Advent yang pertama)


Selamat membuat dan bersiap - siaplah menyambut kedatangan-Nya yaa 
Tuhan Yesus memberkati ^__^


Source :
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun C oleh Kak Tan Mariam
http://www.activityvillage.co.uk/sites/default/files/downloads/advent_wreath_activity_bw.pdf
https://fauziahmiftah.files.wordpress.com/2013/07/polisi-copy.jpg

Comments

  1. wah boleh nih k' sebagai referensi
    mohon ijin kami pakai k'
    trims

    ReplyDelete
  2. Silakan kak, boleh dipakai bahan tersebut, terima kasih sudah mau berkunjung ke blog ini. Tuhan Yesus memberkati :)

    ReplyDelete

Post a Comment